-->

Dipping


Untuk memandikan ternak sapi ini perlu disediakan fasilitas seperti dipping atau spraying. Dipping merupakan tindakan menyelamatkan ternak sapi ke dalam ternak sapi yang berisi air dan zat kimia pembunuh eksternal parasit. Sapi akan berenang sepanjang bak tersebut dan badannya akan basah oleh air yang mengandung zat kimia, sedangkan spraying adalah tindakan menyemprotkan zat kimia pembunuh eksternal parasit ke badan sapi secara mekanis maupun manual dengan cara memandikan sapi ke dalam bak air yang telah diberi obat. Tujuan Dipping dan spraying pada dasarnya adalah sama yakni unutk membunuh eksternal parasit yang terdapat pada badan sapi. Akan tetapi, penggunaan dipping lebih ekonomis kerana cairan zat kimia dapat digunakan berulang-ulang, tetapi perlu diperhatikan apabila hujan turun dosis zat kimia akan menurun dan tidak efektif lagi akibat bertambahnya air. Keuntungan spraying adalah tidak berubahnya dosis zat kimia. Selain itu, penyemprotan dapat mencapai bagian tubuh yang mungkin terlewat apabila dilakukan dengan cara dipping, misalnya bagian telinga, dasar tanduk, dan bagian tepi lainnya.

Perlakuan :
1. Sediakan kolam atau bak besar, dimana pada kolam tersebut telah diisi air dengan kedalaman tertentu (disesuaikan dengan tinggi ternak)
2. kolam yang telah diisi air kemudian dilarutkan obat dengan konsentrasi 0,06%.
3. Obat yang akan digunakan disesuikan dengan keperluannya, misalnya : asuntol, diazinon, atau neocidal. Cara yang biasa dipakai adalah dengan memaksa ternak melewatinya atau menceburkan ke dalam bak tersebut.

Sumber :
Direktorat Pembinaan SMK. Agribisnis Pembibitan Ternak Ruminansia Untuk Kelas 11 Semester 3. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment