Persepsi Harga Produk (Product Price) dan Hubungannya dengan Loyalitas Pelanggan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumen akan menjadi loyal
pada merek-merek berkualitas tinggi jika produk-produk ditawarkan dengan harga
yang wajar (Swastha, 1999). Selain itu kepekaan pembeli terhadap harga
berkurang jika produk dianggap lebih bermutu, lebih bergengsi dan lebih
bergengsi (Kotler, 1996).
Dari sudut pandang konsumen, harga sering kali digunakan sebagai
indicator nilai bilamana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang
dirasakan atas suatu barang/jasa, dengan demikian pada tinggi harga tertentu, nilai
suatu barang/jasa akan meningkat seiring meningkatnya manfaat yang dirasakan.
Sering kali pula dalam penentuan nilai suatu barang dan jasa dalam memenuhi
kebutuhannyadengan kemampuan barang/jasa substitusi (Tjiptono, 1997).
Berdasarkan pemikiran tersebut, maka dapat disimpulkan hipotesis
sebagai berikut :
Semakin wajar harga suatu produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
0 komentar:
Post a Comment