-->

Pengertian Manajemen Pemasaran


Menurut American Marketing Association (AMA) yang dikutip oleh
Kotler dan Keller (2007) yang diterjemahkan oleh Benyamin Molan,
mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai berikut :
“ Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan
mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan,
menyerahkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul”.
Ada empat filosofi persaingan yang secara kuat mempengaruhi suatu
aktivitas manajemen pemasaran (Lamb, hair dan Mcdaniel: 2001), sebagai berikut :
1. Orientasi Produksi
Suatu filosofi yang berfokus pada kemampuan internal perusahaan yang
melebihi dari keinginan dan kebutuhan pasar.

2. Orientasi Penjualan
Pendapat bahwa orang akan membeli barang dan jasa yang lebih baik
jikamenggunakan tekhnik penjualan yang agresif dan penjualan yang
tinggi tersebut akan mendatangkan keuntungan yang tinggi pula

3. Orientasi Pasar
Filosofi yang menganggap bahwa suatu penjualan tidak bergantung pada
sebuah penjualan yang agresif tetapi lebih pada keputusan konsumen
untuk membeli produk.

4. Orientasi Sosial
Suatu organisasi ada tidak hanya untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen saja serta memenuhi tujuan organisasi tetapi juga
untuk melindungi atau untuk mempertinggi kepentingan yang terbaik atas
individu dan masyarakatnya dalam jangka panjang.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment