Pengertian Pemasaran
Dalam bisnis selalu ada kompetisi antar perusahaan. Perusahaan akan
terus berusaha untuk memperluas pasar dan mempertahankan eksistensi
perusahaan. Aktivitas perusahaan dalam pemasaran ini untuk menentukan arah
perusahaan agar mampu bersaing dalam dunia persaingan yang makin ketat.
Pemasaran merupakan unsur penting dalam perusahaan untuk menentukan sukses
tidaknya suatu bisnis. Untuk itu perusahaan harus menerapkan pengertian
pemasaran dengan benar agar tetap bertahan. Di bawah ini terdapat beberapa
pengertian pemasaran.
Pengertian pemasaran menurut American Marketing Association (AMA)
yang dikutip Kotler dan Keller ( 2007) yang diterjemahkan oleh Benyamin Molan
adalah sebagai berikut :
“ Satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan,
mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola
hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para
pemilik sahamnya”.
Pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan
pihak lain (Kotler 1997). Stanton menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu
sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun
pembeli potensial (Dharmmesta dan Irawan, 2001).
Pemasaran memiliki dua hal. Pertama, pemasaran merupakan filosofi,
sikap, perspektif atau orientasi manajemen yang menekankan pada kepuasan
konsumen. Kedua, pemasaran adalah sekumpulan aktivitas yang digunakan untuk
mengimplementasikan filosofi tersebut. Definisi dari American Marketing
Association (AMA) mencakup kedua perspektif itu:
“Marketing is the planning and executing the conception, pricing,
promotion and distribution of ideas, goods and services to create exchanges that
satisfiy individual and organizational goals”.
Artinya bahwa pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan
pmenjalankan konsep, harga, promosi dan distribusi sejumlah ide, barang, dan
jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan
organisasi (Lamb, Hair dan McDaniel: 2001).
0 komentar:
Post a Comment