Motivasi Konsumen
Menurut Schiffman dan Kanuk (2000) “Motivation can be described as
the driving force within individuals that impels them to action”. Artinya motivasi
adalah kekuatan pendorong dalam diri seseorang yang memaksanya untuk
melakukan suatu tindakan. Sedangkan Handoko (2001) mengatakan bahwa
motivasi adalah suatu keadaan dalam pribadi yang mendorong keinginan individu
untuk melakukan keinginan tertentu guna mencapai tujuan.
Setiadi (2003) mendefinisikan motivasi konsumen adalah keadaan di
dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan
kegiatan-kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Dengan adanya motivasi pada diri
seseorang akan menunjukkan suatu perilaku yang diarahkan pada suatu tujuan
untuk mencapai sasaran kepuasan.
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi muncul
karena kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan sendiri muncul
karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (state of tension) antara yang
seharusnya dirasakan dan yang sesunguhnya dirasakan. Kebutuhan yang dirasakan
tersebut mendorong seseorang untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhan
tersebut (Sumarwan, 2004).
Dalam bidang pemasaran motivasi pembelian adalah pertimbanganpertimbangan
dan pengaruh yang mendorong orang untuk melakukan pembelian
(Sigit, 2002). Motivasi pembelian terbagi menjadi motivasi rasional dan
emosional. Motivasi rasional adalah pembelian yang didasarkan kepada
kenyataan-kenyataan yang ditunjukkan oleh produk kepada konsumen dan
merupakan atribut produk yang fungsional serta objektif keadaannya misalnya
kualitas produk, harga produk, ketersediaan barang, efisiensi kegunaan barang
tersebut dapat diterima. Sedangkan motivasi emosional dalam pembelian
berkaitan dengan perasaan, kesenangan yang dapat ditangkap oleh pancaindera
misalnya dengan memiliki suatu barang tertentu dapat meningkatkan status sosial
peranan merek menjadikan pembeli menunjukkan status ekonominya dan pada
umumnya bersifat subyektif dan simbolik. Pada saat seseorang akan mengambil
keputusan untuk membeli suatu produk tentunya akan dipengaruhi oleh kedua
jenis motivasi tersebut yaitu motivasi rasional dan emosional.
Menurut Swasta dan Handoko (2000) motivasi rasional adalah motivasi
yang didasarkan pada kenyataan-kenyataan yang ditujukan oleh suatu produk
kepada konsumen. Faktor-faktor yang diperhatikan berupa:
1. Harga
Harga merupakan faktor penting yang bervariasi berdasarkan jenis produk.
Untuk sepeda motor harga merupakan salah satu faktor penting dalam
pengambilan keputusan konsumen, karena konsumen akan memberikan
penilaian secara garis besar apakah harga tersebut sesuai dengan sepeda motor
yang dibelinya.
2. Pelayanan
Pelayanan yang bagus dapat menciptakan kepuasan konsumen. Pelayanan juga
penting kaitannya dengan industri sepeda motor karena merupakan layanan
pasca pembelian kepada konsumen. Produsen bisa mengaplikasikan pelayanan
disetiap bengkel-bengkel resminya secara baik agar konsumen merasa
dihargai dan dihormati karena kualitas pelayanan yang baik.
0 komentar:
Post a Comment