-->

Teori Motivasi


Menurut Kotler (2005) ada 6 macam teori motivasi yaitu:
1. Teori Isi (Content Theory)
Teori ini berkaitan dengan beberapa nama, seperti Moslow, McGregor,
Herzberg, Atkinson, dan McCelland. Teori ini menekankan arti pentingnya
pemahaman faktor-faktor yang ada di dalam konsumen yang menimbulkan
tingkah laku tertentu. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan
teori ini adalah:
a. Kebutuhan konsumen sangat bervariasi.
b. Perwujudan kebutuhan adalah tindakan juga sangat bervariasi antara satu
konsumen dengan konsumen yang lain.
c. Para konsumen tidak selalu konsisten dengan tindakanya, karena dorongan
suatu kebutuhan.
2. Teori Proses (Process Theory)
Teori ini menekankan bagaimana dengan tujuan apa setiap konsumen
dimotivasi. Menurut teori, kebutuhan hanyalah sebagai salah satu elemen
dalam suatu proses, tentang bagaimana konsumen itu bertingkah laku. Dasar
dari teori proses mengenai motivasi adalah adanya pengharapan, yaitu apa
yang dipercayai oleh konsumen dan apa yang diperoleh dari perilakunya.
3. Teori Penguatan (Reinforcment Theory)
Teori ini menjelaskan bagaimana konsekuensi perilaku di masa yang lalu
mempengaruhi tindakan di masa yang akan datang dalam siklus proses belajar.
Menurut teori ini konsumen bertingkah laku tertentu karena telah belajar,
bahwa perilaku tertentu akan menghasilkan akibat yang tidak menyenangkan
dan konsumen akan menguasai perilaku yang akan menghasilkan konsekuensi
yang menyenangkan.
4. Teori Motivasi Freud
Teori ini menjelaskan hal terbesar yang membentuk perilaku konsumen adalah
segi psikologisnya. Yang dimaksud di sini adalah konsumen yang tidak
mengerti akan motivasinya sendiri dalam melakukan suatu pembelian.
Contoh: konsumen A bersantap di Restoran X karena rasa lapar. Di sisi lain,
konsumen A bersantap di Restoran X kerena marasa lebih prestis. Di sisi lain
lagi, konsumen A bersantap di Restoran X karena membantu dia untuk merasa
lebih nyaman dan santai. Ketika konsumen melakukan penilaian singkat
mengenai restoran-restoran yang ada di daerahnya, faktor-faktor lokasi, harga
suasana, rasa, keanekaragaman menu akan mempengaruhi emosi konsumen
dimana hal ini mendukung terjadinya proses pembelian.
5. Teori Motivasi Hezberg
Teori ini menjelaskan dua faktor teori motivasi yaitu teori motivasi yang
terdiri dari faktor yang memuaskan konsumen dan teori yang terdiri dari faktor
yang berakibat ketidakpuasan konsumen. Contoh: Restoran X menawarkan
fasilitas pelayanan yang memuaskan, jika makanan yang telah dipesan belum
dihidangkan dalam waktu 15 menit, maka akan diberikan secara cuma-cuma.
Jika pesaing Restoran X tidak menawarkan kepada konsumennya hal yang
sama, hal ini akan menyebabkan ketidakpuasan konsumen. Pertama, restoranrestoran
harus selalu melakukan pelayanan terbaiknya untuk mencegah
ketidakpuasan konsumen (contoh: pelayanan yang lama). Kedua, restoran
harus mencari tahu variabel-variabel mana yang menjadi motivasi utama
konsumen sehingga restoran dapat meningkatkan kualitasnya dengan mencari
solusinya.
6. Teori Motivasi Abraham Maslow
Teori Maslow dikenal juga sebagai Teori Hirarki disebutkan darimana
kebutuhan manusia dapat disusun secara hirarki. Kebutuhan paling atas
menjadi motivator utama jika kebutuhan tingkat bawah semua sudah
terbenuhi.
Dari teori hirarki kebutuhan tersebut, oleh Maslow dikembangkan atas
dasar tiga asumsi pokok, yaitu:
a. Manusia adalah makhluk yang selalu berkeinginan, dan keinginannya
tidak selalu terpenuhi.
b. Kebutuhan yang sudah terpenuhi, tidak akan menjadi pendorong lagi.
c. Kebutuhan manusia tersusun menurut hirarki tingkat pentingnya
kebutuhan.

Menurut Setiadi (2003) kebutuhan manusia oleh Maslow
diklasifikasikan atas lima jenjang yang secara mutlak harus dipenuhi menurut
tingkat jenjangnya. Masing-masing tingkat dijelaskan sebagai berikut:
a. Physiological Needs
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan mempertahankan hidup dan bukti
yang nyata akan tampak dalam pemenuhanya atas sandang, pangan, dan
papan.
b. Safety Needs
Manifestasinya dapat terlihat pada kebutuhan akan keamanan jiwa,
keamanan harta, perlakuan yang adil, pensiun, dan jaminan hari tua.
c. Social Needs
Kebutuhan sosial ini merupakan kebutuhan yang paling penting untuk
diperhatikan segera setelah kebutuhan rasa aman dan kebutuhan psikologis
sudah terpenuhi.
d. Esteem Needs
Kebutuhan ini lebih bersifat egoistik dan berkaitan erat dengan status
seseorang. Semakin tinggi status seseorang maka akan semakin tinggi pula
kebutuhannya akan pengakuan, penghormatan, prestis, dan lain-lain.
e. Self-Actualization Needs
Kubutuhan jenis ini merupakan kebutuhan yang paling tinggi, yaitu untuk
menunjukkan prestasinya yang maksimal tanpa terlalu menuntut imbalan
dari organisasi. Motivasi yang ada pada diri konsumen akan mewujudkan
suatu tingkah laku yang diarahkan pada tujuan yang mencapai sasaran
kepuasan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment