-->

Desain Produk


Aspek desain dalam kegiatan pemasaran merupakan salah satu
pembentuk daya tarik terhadap suatu produk. Desain dapat membentuk atau
memberikan atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada
merek suatu produk. Ciri khas dari suatu produk tersebut pada akhirnya akan
dapat membedakannya dengan produk-produk sejenis merek lain dari pesaing
(Kotler, 1997:19).
Strategi desain produk berkaitan dengan tingkat standarisasi produk
menurut Tjiptono (2001:116), perusahaan memiliki 3 (tiga) pilihan strategi, yaitu :
1. Produk Standar
Perusahaan melakukan produksi secara massal guna meningkatkan skala
ekonomis.
2. Produk dengan modifikasi (Customized Product)
Produk disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen tertentu.
Strategi ini digunakan untuk menyaingi produsen yang memproduksi secara
massal melalui fleksibilitas desain produk.
3. Produk Standar dengan modifikasi
Kombinasi dari kedua strategi di atas, produk standar dengan pengalaman
dalam pengembangan produk yang baru.
Melalui penerapan strategi-strategi ini diharapkan adanya peningkatan
pertumbuhan, pangsa pasar, dan laba. Desain yang bagus akan menarik perhatian,
memperbaharui performansi, menurunkan biaya, dan mengkomunikasikan nilai
produk ke pasar sasaran, berkontribusi kepada manfaat dan akan menjadi daya
tarik produk



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment