Strategi Pengembangan Perusahaan Agroindustri (Studi Kasus PT Citra Rahardja Utama di Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman)
INDAH WIDOWATI
Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UPN“Veteran” Yogyakarta
Email: widowati2010@gmail.com
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi prioritas untuk PT Citra Rahardja Utama dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dimana PT Citra Rahardja Utama adalah sebuah perusahaan yang mengolah kayu sengon menjadi barecore di Yogyakarta. Sumber data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Hasil diagram analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada di kuadran I, yang didukung strategi agresif yang meliputi integrasi ke belakang, integrasi ke depan, integrasi horizontal; penetrasi pasar; pengembangan pasar; pengembangan produk; diversifikasi (terkait atau tidak terkait). Berdasarkan perhitungan matriks SPACE (Matrix of Strategic Position and Action Evaluation), koordinat pada diagram matriks SPACE yaitu sumbu X 1,785 dan sumbu Y 0,16 kuadran I. Kemampuan bersaing PT Citra Utama Rahardja diianggap tinggi dan mampu tanggap terhadap perubah faktor eksternal.
Kata kunci: strategi pengembangan bisnis, industri barecore, analisis SWOT, analisis
Download : JURNAL
0 komentar:
Post a Comment