Sikap Konsumen Terhadap Produk Donat Berbahan Mocaf Sebagai Pengganti Tepung Terigu
ARSY NUR FADILAH, WIDODO, ARIS SLAMET WIDODO
Program Studi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Email: arsyarsymedes@yahoo.co.id
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap berbagai atribut donat berbahan tepung terigu dan mocaf; dan untuk membandingkan sikap konsumen terhadap donat dengan berbagai tingkatan subtitusi. Responden pada penelitian ini berjumlah 45 orang yang diambil secara aksidental yaitu pada konsumen yang membeli donat. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental dengan objek penelitian berupa donat berbahan subtitusi mocaf sebanyak 30 % dan 50% serta tanpa subtitusi mocaf sebagai kontrol. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret 2015. Model Fishbein digunakan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap berbagai atribut donat meliputi atribut rasa, tekstur, bentuk, ukuran, warna, dan harga; sedangkan uji Friedman digunakan untuk membandingkan sikap konsumen terhadap donat dengan berbagai tingkatan subtitusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut rasa dan atribut tekstur dianggap lebih menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam pemilihan produk donat; dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam sikap konsumen terhadap donat dengan berbagai substitusi mocaf.
Kata kunci: mocaf, atribut donat, perbandingan sikap konsumen.
Download : JURNAL
0 komentar:
Post a Comment