-->

Teknik pembibitan secara kultur murni

Langkah selanjutnya adalah melakukan kultur murni/isolasi plankton pada media agar yang telah disiapkan sebelumnya. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah:

1) Ambil contoh air plankton dengan jarum ose yang telah dipanaskan/disterilisasi dan oleskan kepermukaan media agar, pengolesan jarum ose pada media agar ini dilakukan dengan cara zigzag, kemudian tutup dan simpan media agar yang telah digoresi dengan plankton pada suhu kamar dibawah sinar cahaya lampu neon secara terus menerus.

2) Biarkan media tersebut dan biasanya inokulum akan tumbuh setelah 4 – 7 hari dilakukan penggoresan dengan terlihatnya koloni plankton yang tumbuh pada media agar tersebut. Amati dibawah mikroskop koloni tersebut dan ambil koloni yang diinginkan dan dikultur pada media agar miring dalam tabung reaksi yang akan digunakan sebagai bibit.

3) Koloni murni ini selanjutnya diinkubasi pada ruangan ber AC.



Setelah diperoleh koloni murni pada tabung reaksi langkah selanjutnya adalah melakukan kultur koloni plankton yang diperoleh tersebut pada media cair. Kultur murni dimedia cair ini dapat dilakukan dengan berbagai macam media yang sudah biasa dilakukan. Adapun prosedur yang harus dilakukan adalah :
1) Siapkan erlemeyer yang telah disterilisasi
2) Masukkan air laut dan pupuk sesuai dengan media yang diinginkan pada setiap jenis phytoplankton
3) Lakukan inokulasi bibit phytoplankton dari hasil kultur murni
4) Amati pertumbuhan phytoplankton tersebut dengan menghitung kepadatan populasi phytoplankton.



Media yang akan digunakan sebagai pupuk pada media agar ini banyak sekali macamnya antara lain adalah media Zarrouk, media Berneck, media Ddetmer, media Allan Miquel, media Mollish dan media TMRL.

Volume media kultur murni biasanya adalah bertahap mulai dari isolasi dalam tabung reaksi volume 10 – 15 ml, kemudian dipindahkan pada  botol erlemeyer dengan volume yang bertahap dari100 ml , 250 ml, 500 ml dan botol kultur 1 liter yang kemudian dikembangkan dari ukuran 2 liter sampai 30 liter.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment