-->

Siklus Hidup Paramecium caudatum


Paramecium caudatum melakukan pertukaran oksigen dengan jalan difusi. Infusoria merupakan salah satu anggota filum protozoa yang termasuk ke dalam subkekas ciliaata, yaitu hewan -hewan bersel satu yang di lengkapi dengan bulu – bulu getar (silia). lnfusoria merupakan pakan alami yang sangat cocok untuk larva ikan hias maupun ikan konsumsi pada awal kehidupannya. Jasad renik ini berukuran sangat kecil, hanya sekitar 0,04 – 0,1 mm. Infusoria sering berkelompok sehingga mudah dilihat. Gerombolan infusoria berwarna putih bagaikan susu. Pemberiannya dapat dilakukan hingga benih berumur 3 bulan.

Paramecium caudatum  memperbanyak diri atau bereproduksi dengan cara aseksual dan seksual. Secara aseksual dengan pembelahan biner yaitu membelah menjadi dua secara mitosis, kemudian dilanjutkan oleh makronukleis secara amitosis. Tampak satu sel membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, 8, dan seterusnya. Pembelahan ini diawali dengan mikron meterukleus yang membelah dan diikuti oleh pembelahan makronukleus. Kemudian akan terbentuk 2 sel anak setelah terjadi penggentingan membran plasma. Perlu Anda ketahui masing-masing sel anak tersebut identik dan alat sel lainnya mempunyai dua nukleus sitoplasma.

Selain itu dapat pula berkembang biak secara konjugasi (Jasin, 2007). Konjugasi pada Paramecium sebagai berikut:
a. Paramaecium berdekatan dan saling menempelkan bagian mulutnya
b. Mikron meterukleus membelah berturut-turut menjadi empat mikron meterukleus, makronukleusnya lenyap/menghilang
c. Tiga mikron meterukleus lenyap, satu mikron meterukleus membelah lagi menjadi dua mikron meterukleus yang berbeda ukurannya (besar dan kecil), kemudian mikron meterukleus yang kecil dipertukarkan antar dua Paramaecium yang berlekatan tadi sehingga menghasilkan zigot nukleus. Setelah itu Paramaecium memisah.
d. Selanjutnya zigot nukleus membelah tiga kali berturut-turut menghasilkan delapan inti baru
e. Kemudian tiga inti lenyap, empat inti bergabung menjadi makronukleus dan satu inti menjadi mikron meterukleus.
f. Pada akhirnya Paramaecium akan membelah dua kali berturut-turut yang menghasilkan empat Paramaecium baru.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment