-->

Siklus hidup Chlorella sp

 


Menurut habitatnya Chlorella sp ada yang hidup di air tawar dan yang hidup diair laut. Pada budidaya ikan air tawar biasanya dalam proses budidayanya tidak menggunakan phytoplankton sebagai pakan alami. Pada budidaya ikan air laut dan payau pakan alami dari jenis Chlorella ini sangat dibutuhkan dalam proses pembudidayaannya. Jenis Chlorella yang hidup di air laut antara lain adalah Chlorella munutilisima, Chlorella vulgaris, Chlorella pyrenoidosa dan Chlorella virginica. Pada usaha budidaya ikan air laut dan budidaya ikan air payau yang biasa dikultur adalah jenis  Chlorella vulgaris. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat morfologi Chlorella pada Gambar31.


Bentuk Chlorella vulgaris bulat atau bulat telur dan merupakan alga bersel tunggal dan dapat juga dijumpai dalam bentuk bergerombol. Ukuran Chlorella vulgaris mempunyai diameter antara 2-8 mikron meter meter. Chlorella vulgaris bersifat kosmopolit yaitu dapat tumbuh dimana-mana kecuali pada lingkungan yang kritis bagi hidupnya, alga ini dapat hidup pada kisaran salinitas 0-35 permil. Salinitas yang optimal adalah 10-20 permil, suhu 25-30oC, pH 8-9,5 dan intensitas cahaya 1.000-10.000 lux.

Reproduksi Chlorella vulgaris biasa dilakukan secara aseksual dengan pembelahan sel, tetapi bisa juga dengan pemisahan autospora dari sel induknya. Reproduksi sel diawali dengan produksi sel yang berukuran besar, periode selanjutnya akan terjadi peningkatan aktifitas sintesa sebagai persiapan dari pembentukan sel anak yang merupakan tingkat pemasakan awal dan tahap selanjutnya membentuk sel induk yang merupakan tingkat pemasakan akhir dan akan disusul oleh pelepasan sel anak. Reproduksi aseksual dengan membentuk autospora adalah spora non flagelata yang mempunyai bentuk seperti sel induknya tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Perkembangbiakan aseksual pada Chlorella sp dimulai dengan pembelahan di dalam sel menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel dan 16 sel yang disebut dengan aplanospora. Setiap aplanospora akan membentuk dinding di sekitar dirinya dan akhirnya dinding sel induk pecah dan sel-sel anakan menjadi individu baru yang akan berkembang seperti induknya.Sel anak berkembang menjadi sel induk, sel-sel induknya mengeluarkan zoospora yang masing-masing dinamakan aplanospora. Dari satu sel induk dapat dihasilkan beberapa buah spora. Tahap pertumbuhan Chlorella sp. dapat dibedakan sebagai berikut: (a) Tingkat pertumbuhan; pada tingkat ini terjadi penambahan besarnya sel. (b) Tingkat pemasakan awal; pada tingkat ini terjadi beberapa proses persiapan pembentukan sel anak. (c) Tingkat pemasakan akhir; pada tingkat ini terjadi pembentukan sel induk muda. (d) Tingkat pelepasan sel atau pelepasan autospora; pada tahap ini dinding sel induk akan pecah dan akhirnya terlepas menjadi sel-sel baru.

Perkembangbiakan secara vegetatif diawali dengan membentuk spora. Setiap sel induk Chlorella sp. akan mengeluarkan zoospora yang disebut aplanospora sebanyak 8 buah. Selanjutnya aplanospora berkembang menjadi individu-individu baru. Setiap aplanospora yang telah dewasa akan mengeluarkan 8 aplanospora baru dan seterusnya selama kondisi lingkungan memungkinkan. 

Chlorella vulgaris mempunyai waktu regenerasi yang sangat cepat dalam waktu yang relatif singkat biasanya 4-14 hari. Perbanyakan sel itu akan sangat dipengaruhi oleh cahaya sebagai sumber energi dan kondisi lingkungan yang optimal. Ganggang ini berwarna hijau biasa atau hijau cerah, sering terlihat blooming di estuari atau perairan tertutup tetapi sangat sedikit di laut terbuka. Jenisnya ada yang berflagel dan ada pula yang tidak. Umumnya berukuran nano atau ultraplankton (kurang dari 0,005 mm), pembelahan dilakukan seperti biasa. Jika terjadi ledakan populasi, air akan berlendir, kotor atau membentuk suatu lapisan di permukaan air. Kematian dan pembusukan ganggang hijau ini dapat menyebabkan kondisi perairan semakin buruk. Chlorella sp. dapat mengeluarkan zat kimia yang menghambat pertumbuhan fitoplankton jenis lain sehingga hanya Chlorella yang tetap sumbuh dengan subur.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment