-->

Media Kultur murni

Teknik kultur phytoplankton dalam skala laboratorium dilakukan dalam ruangan tertutup dan ber-AC. Hal ini diperlukan agar suhu selalu terkendali dan mencegah kontak dengan lingkungan luar yang dapat menyebabkan kontaminasi sehingga mengurangi kemurnian phytoplankton yang dikultur. Sumber cahaya yang digunakan agar proses fotosintesis terjadi adalah lampu neon TL dengan kekuatan cahaya 2000 – 8000 lux, sedangkan sumber aerasi menggunakan HI-Blower tersendiri yang dilengkapi dengan saringan untuk memperkecil kontaminasi.

Ruang kultur skala laboratorium dilengkapi dengan peralatan untuk kultur seperti kegiatan isolasi, sterilisasi dan kegiatan kultur murni. Peralatan kerja harus diletakkan secara teratur dan tertata rapi sehingga akan memudahkan dalam melakukan kegiatan kultur murni. Jenis peralatan minimal yang harus disediakan pada ruang kultur murni skala laboratorium tertera pada Tabel 4. 


Metode kultur murni phytoplankton di laboratorium untuk memperoleh satu jenis phytoplankton (monospesies) dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1) Metode media agar
2) Metode subkultur
3) Metode pengenceran berseri
4) Metode pipet kapiler



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment