Praktik pelaporan, pencatatan, pemberitahuan dan penyelidikan
Pelaporan, pencatatan, pemberitahuan dan penyelidikan tentang kecelakaan
dan penyakit akibat kerja harus mengikuti prosedur standar untuk
memastikan pengumpulan informasi yang dapat dipercaya.Semua kecelakaan
dan penyakit akibat kerja harus dilaporkan secara tertulis dengan
menggunakan suatu format standar.
Informasi
mengenai kecelakaan dan penyakit akibat kerja yang harus diberitakan dan
format standar pemberitahuan yang disarankan harus ditetapkan oleh
hukum dan peraturan nasional. Penggolongan jenis informasi spesifik yang
harus digunakan untuk pencatatan dan pemberitahuan pada tingkat
perusahaan dan nasional harus mematuhi versi terbaru dari standar
internasional yang diadopsi, khususnya mengenai kegiatan ekonomi (ISIC),
jabatan (ISCO), ketenagakerjaan (ICSE) dan kecelakaan dan penyakit
akibat kerja .
Kecelakaan dan penyakit akibat kerja harus diberitahukan
kepada yang disyaratkan oleh hukum dan peraturan, antara lain kepada:
a)
keluarga korban kecelakaan, yang harus diberitahukan secepat mungkin.
b) otoritas yang kompeten.
c) otoritas ganti-rugi yang sesuai (sebagai
contoh jaminan sosial atau penjamin asuransi).
d) badan/instansi yang
menyusun statistik keselamatan dan kesehatan kerja kerja nasional.
e)
badan/instansi lain yang terkait.
0 komentar:
Post a Comment