-->

Manfaat Konservasi Tanah Dan Air

Kegiatan konservasi tanah dan air bermanfaat dalam mempertahankan kestabilan ekosistem, mencegah terjadinya banjir dan kekurangan air. Pengertian umum menyatakan bahwa konservasi alam merupakan pemberdayaan atau pemeliharaan terhadap alam dan makhluk hidup (http://fajartrikuncoro.blogspot.com/ 24 Nop 2010). Selanjutnya dinyatakan bahwa ada beberapa manfaat konservasi tanah dan air yaitu:

1) Menjaga kondisi kawasan dan lingkungannya agar tidak rusak. 

Tindakan konservasi tanah yang baik akan mengurangi erosi dan bahayanya dalam batas toleransi, banjir tidak terjadi, kekurangan air dimusim kemarau tidak terjadi. Oleh karenanya terbangun lingkungan dan kehidupan yang kondusif .

2) Menghindari makhluk hidup dari kepunahan. 

 Konservasi tanah dan air akan membangun kondisi yang memberikan suasana lingkungan kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia yang baik. Dengan demikian tidak akan terjadi kekurangan makanan dan ketidak cocokan cuaca yang ekstrem sehingga kepunahan flora dan fauna yang mengganggu kesimbangan tidak terjadi. Menghindaribencana banjir dan kekeringan akibat perubahan kondisi alam. Konservasi tanah dan air yang baik akan meningkatkan daya serap tanah terhadap air hujan yang jatuh kepermukaan bumi sehingga mengatur tata air. Jumlah aliran permukaan kecil dan air yang diserap tanah akan dimunculkan sebagai mata air-mata air yang dapat menstabilkan aliran sungai.

3) Membangun keseimbangan lingkungan baik mikro maupunmakro, bararti dalam ekosistem. 

Suatu kawasan terbangun konservasi yang baik maka kehidupan zat renik, pohon, hewan dan lain-lain menjadi baik karena ketersediaan cuaca yang cocok, makanan tersedia, air tersedia secara terus menerus. Di dalam kehidupan saling ketergantungan yang membangun ekosistem akhirnya akan mendukung kehidupan yang dapat berlangsung secara lestari dalam kondisi yang optimum. Untuk menjaga keseimbangan maka pemanfaatan air melalui berbagai kepentingan seperti industri ataupun pertanian perlu diatur dengan baik.

4) Memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan. 

Dalam kondisi konservasi tanah dan air yang dapat membangun ekosistem dan kehidupan yang baik akan membuka kesempatan pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas misalnya melalui penelitian, pendidikan dan pelatihan dan sebaginya.

5) Mempertahankan dan atau membangun konstruksi kepada kepariwisataan. 

Konservasi tanah dan air yang baik akan menghasilkan lingkungan yang baik, misalnya hutan yang memiliki struktur vegetasi yang lengkap (pohon, tiang, sapling, seedling, seresah, tumbuhan bawah). Kondisi tersebut akan membentuk landscapenya atau pemandangannya indah yang disenangi para turis baik untuk rekreasi alam maupun untuk ilmiah. Tentu saja masih ada peserta didik menyebutkan lebih banyak manfaat lain dari kegiatan konservasi tanah dan air ini. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment