-->

Budidaya Tetraselmis chuii secara massal

Tetraselmis chuii yang telah diperoleh dari hasil budidaya di laboratorium skala intermediet atau semi massal selanjutnya akan dipergunakan untuk bibit budidaya Tetraselmis chuii secara massal. Untuk membudidayakan Tetraselmis chuii secara massal wadah yang dipergunakan adalah bak atau kolam yang terpapar dengan sinar matahari.   

Adapun prosedur kultur Tetraselmis chuii skala massal adalah sebagai berikut  : 
1. Wadah dicuci dan dibebashamakan dengan menggunakan larutan Klorin dan dikeringkan dengan pemaparan dibawah sinar matahari, biasanya penjemuran dilakukan dua hari.

2. Menyiapkan medium untuk budidaya Tetraselmis chuii dengan cara memasukkan air laut disaring dengan filter bag kemudian disterilkan dengan Klorin 10 ppm dan diaerasi kuat selama 24 jam. Air media sebanyak 1.000 liter dimasukkan kedalam bak pemeliharaan.

3. Unsur hara sebagai nutrient yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembangnya phytoplankton di dalam wadah budidaya Tetraselmis chuii secara massal menggunakan pupuk teknis. Pupuk teknis tersebut dapat terdiri dari : Urea 10 gram, TSP 30 gram danZA 150 gram dimasukkan ke dalam air media kemudian diaduk dan diaerasi. Atau dapat juga menggunakan pupuk media TMRL dengan formula 100 gram KNO3, 10 gram Na2HPO4, 3 gram FeCL3 dan 2 gram Na2Si2O3. Formulasi pupuk ini dapat dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman pembudidaya.

4. Masukkan inokulan Tetraselmis chuii sebanyak 5 gallon dari hasil kultur semi massal. Tetraselmis chuii dapat dipanen setelah 4-5 hari pemeliharaan karena biasanya terjadi pertumbuhan optimal pada 5 hari setelah penebaran bibit.

5. Untuk kultur Tetraselmis chuii tahap selanjutnya dilakukan dengan memindahkan inokulan sebanyak 10 liter yang disaring dengan filter bag ke dalam bak budidaya yang sudah disterilkan.

6. Kultur selanjutnya dilakukan dengan tahapan seperti tersebut diatas dan dilakukan secara berkesinambungan dengan tetap menjaga tingkat kemurnian Tetraselmis chuii. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment