-->

Budidaya Skeletonema costatum secara massal

Budidaya Skeletonema costatum secara massal adalah:
1. Wadah dicuci dan dibebashamakan dengan menggunakan larutan Klorin dan dikeringkan dengan pemaparan dibawah sinar matahari, biasanya penjemuran dilakukan dua hari.

2. Menyiapkan medium untuk budidaya Skeletonema costatum dengan cara memasukkan air laut disaring dengan filter bag kemudian disterilkan dengan Klorin 10 ppm dan diaerasi kuat selama 24 jam. Air media sebanyak 1.000 liter dimasukkan kedalam bak pemeliharaan.

3. Unsur hara sebagai nutrient yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembangnya phytoplankton di dalam wadah budidaya Skeletonema costatum secara massal menggunakan pupuk teknis. Pupuk teknis tersebut dapat terdiri dari : Urea 60 gram, TSP 15 gram, 2 gram FeCL3, 40 gram NaNo3, 2 gram EDTA dan5 gram Na2Si2O3, dimasukkan kedalam air media kemudian diaduk dan diaerasi. Atau dapat juga menggunakan pupuk media TMRL dengan formula 100 gram KNO3, 10 gram Na2HPO4, 3 gram FeCL3 dan 2 gram Na2Si2O3. Formulasi pupuk ini dapat dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman pembudidaya.Skeletonema costatum merupakan diatom yang dalam proses tumbuh kembangnya membutuhkan silikat dimana selain unsur P dan N unsur Si merupakan faktor pembatas bagi pertumbuhannya.

4. Masukkan inokulan Skeletonema costatum sebanyak 1/5 atau 1/10 jumlah volume kultur massal , bibit diperoleh dari hasil kultur semi massal. Skeletonema costatum dapat dipanen setelah 4-5 hari pemeliharaan karena biasanya terjadi pertumbuhan optimal pada hari ke-5 setelah penebaran bibit.

5. Untuk kultur Skeletonema costatum tahap selanjutnya dilakukan dengan memindahkan inokulan sebanyak 10 liter yang disaring dengan filter bag kedalam bak budidaya yang sudah disterilkan.

6. Kultur selanjutnya dilakukan dengan tahapan seperti tersebut diatas dan dilakukan secara berkesinambungan dengan tetap menjaga tingkat kemurnian Skeletonema costatum. 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment