-->

Alat-alat ukur erosi dan sedimentasi.

Peralatan yang dipergunakan dalam pengukuran angkutan sedimen (sediment transport) adalah berdasarkan Standar United States. Geological Survey (USGS), peralatan tersebut telah dikembangkan oleh Federal Inter Agency Sedimentation Project (FIASP).

Alat ukur/ pengambil contoh sedimen yang telah distandarisasi oleh FIASP, mempunyai kode tertentu yang dapat diartikan sebagai berikut:
1) US : Alat ukur/ pengambilan contoh sediment dengan standar United States.
2) D : Integrasi ke dalaman (depth integrating).
3) P : Integrasi titik (point integrating).
4) H : Digantung/ dipegang dengan tongkat/ stick/ stang atau tali, sedangkan untuk yang digantung dengan kabel/ sounding, reel, tanpa kode/huruf H.
5) BM : Material dasar (Bed Material)
6) U : Bertaraf Tunggal (Single stage).
7) YEAR : Tahun pembuatan/dikembangkan (ditulis, dua digit terakhir).

Berikut diuraikan salah satu peralatan untuk mengambil contoh debit sedimen melayang, yaitu Depth integrating sampler. Alat ini.dirancang sedemikian rupa agar dapat menangkap aliran air yang bercampur dengan sedimen pada posisi tegak lurus aliran dan kecepatan aliran yang masuk ke nosel akan mempunyai nilai harga yang mendekati dengan kecepatan aliran disekitarnya. Alat ini digunakan dengan cara menurunkannya ke dasar sungai dan mengangkat sampai mendekati permukaan dengan kecepatan gerak yang sama. Salah satu tipe alat ukur ini yang biasa digunakan, yaitu US D-48.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment