-->

STASIUN KLIMATOLOGI

Unsur-unsur cuaca yang berubah setiap saat perlu diamati dan dicatat perubahannya selama kurun waktu tertentu dan dapat dipergunakan sebagai bahan untuk menetapkan tipe iklim suatu daerah atau kawasan. Pengamatan dan pencatatan unsur-unsur cuaca dilakukan di stasiun klimatologi. Stasiun klimatologi merupakan stasiun meteorologi yang mampu menyelenggarakan pengamatan cuaca dan biologi dalam jangka waktu yang panjang dan teratur. 
Penempatan stasiun klimatologi harus ada pada setiap titik jaringan pengamatan internasional secara mantap, minimal dalam jangka waktu 10 tahun tidak boleh dipindahkan. Oleh karena itu dalam penentuan lokasinya harus tepat, yaitu lokasi yang mewakili lingkungan alam yang tidak mudah berubah, sehingga data yang diperoleh dapat terjamin.
Stasiun klimatologi hendaknya dapat mengukur atau menaksir hubungan alamiah antara iklim, tanah, air dan tanaman. Tingkat ketelitian tergantung pada tujuan pengukuran data, segi teknik, dan seberapa jauh kemungkinan pelaksanaan pengumpulan data dapat dicapai.

Kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar dapat menghasilkan data yang benar ialah :
1. Letak stasiun harus mewakili hubungan alamiah dari iklim, tanah, air, tanaman di daerah luas sehingga data yang diperoleh dapat memenuhi sasaran
2. Masing-masing alat menghasilkan data yang benar, tidak rusak dan mudah dirawat.
3. Pembacaan skala dan perekaman data mudah dilaksanakan.
4. Tersedia cukup tenaga pengamat, terlatih baik dan bertempat tinggal di dekat stasiun untuk menjamin pengawasan terhadap stasiun dan kelancaran pengamatan.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment