-->

Radiasi Matahari

Energi matahari ialah sumber energi terbesar di permukaan bumi, yaitu sekitar 99,9% dari energi total dan hanya sebagian kecil dihasilkan oleh panas dari tanah, letusan gunung berapi dan proses penghancuran mineralmineral radioaktif serta hasil pembakaran bahan organik. Sehingga apabila ditinjau dari segi klimatologis, energi yang bukan berasal dari matahari dianggap kurang berarti. Energi matahari ialah penyebab utama semua kegiatan perubahan maupun pergerakan di atmosfer. Oleh karena itu, penyebaran energi radiasi matahari di permukaan bumi merupakan faktor pengendali cuaca dan iklim yang terpenting. Radiasi matahari yang sampai ke bumi tidak seluruhnya dapat diserap oleh permukaan bumi, yaitu sekitar 50% saja, 20% diserap oleh atmosfer dan sisanya sekitar 30% dipantulkan kembali. Namun hal tersebut tergantung pada kondisi atmosfer pada saat tersebut. Radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi mempunyai beberapa pengaruh, antara lain:

a. Pada tanaman hijau, berperan sebagai energi dalam proses fotosintesa sehingga mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tanaman. Proses fotosintesa merupakan aktivitas utama bagi tanaman berhijau daun selama pertumbuhannya.
b. Mempengaruhi kecepatan transpirasi tanaman.
c. Pada keadaan kritis pertumbuhan tanaman, tingkat energi radiasi yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya pembakaran.
d. Mempengaruhi perubahan unsur cuaca lain, seperti: suhu, kelembaban, angin, dll.

Radiasi matahari dapat dibagi berdasarkan fungsi masing-masing, yaitu lama penyinaran (periodisitas), intensitas radiasi matahari, kualitas radiasi matahari dan setiap komponen akan berbeda efeknya terhadap mahluk hidup dan tumbuhan atau tanaman.

a. Lama penyinaran (Periodisitas).
Lama penyinaran ialah lamanya matahari bersinar cerah pada permukaan bumi, yang dihitung mulai dari matahari terbit hingga terbenam, dan ditulis dalam satuan jam sampai nilai persepuluhan atau sering ditulis dalam satuan persen terhadap panjang hari maksimum.Panjang hari berbeda menurut lintang dan waktu semakin jauh dari equator maka panjang hari semakin pendek, bergantung pada waktu/musim. Jika surya berada di belahan bumi utara (periode musim panas) maka panjang hari semakin panjang, dan sebaliknya di belahan bumi selatan.

b. Intensitas radiasi matahari.
Intensitas radiasi matahari ialah jumlah energi matahari yang sampai pada suatu luasan tertentu dari suatu permukaan pada waktu tertentu, biasanya dinyatakan dalam satuan Calori, Joule, Watt m-2 dll. Radiasi matahari mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang pertanian, karena radiasi matahari merupakan sumber energi dalam proses fotosintesa bagi tanaman berhijau daun. Dari sejumlah radiasi matahari yang sampai di permukaan bumi, hanya 1-2% saja yang digunakan untuk proses fotosintesa. Laju fotosintesa akan meningkat dengan peningkatan intensitas cahaya, sedangkan respon tanaman terhadap tingkatan intensitas cahaya berbeda-beda tergantung pada spesies masing-masing. Berdasarkan hal tersebut, tanaman dikelompokkan dalam dua golongan menurut tingkat kejenuhannya terhadap intensitas cahaya: Tanaman yang suka sinar matahari penuh (sun lovy), yang mencapai tingkat kejenuhan cahaya +2.500 footcandle. Contoh: bunga matahari, tembakau, kacang-kacangan, tomat, kapas, dll. Tanaman yang butuh naungan (shade lovy), dengan tingkat kejenuhan +1.000 footcandle. Contoh: Oxalis, kopi, coklat, dll.

c. Kualitas radiasi matahari.
Kualitas radiasi ialah spektrum cahaya dari radiasi yang mempunyai panjang gelombang bervariasi. Pada prinsipnya radiasi matahari mempunyai spektrum cahaya yang berbeda pada kisaran panjang gelombang 0.28-3.0 µm, yang terdiri dari spektrum infa merah ( > 0.76 µm), visible light atau cahaya tampak (0.3- 0.76 µm) dan ultra violet (< 0.3 µm). Pada kelompok spektrum cahaya tampak, bila diuraikan terdiri dari bermacam- macam warna: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu yang masing-masing mempunyai panjang gelombang tertentu. Spektrum ini disebut sebagai PAR (photosynthetic Active Radiation) yang berperan dalam fotosintesa dan pembentukan pigmen-pigmen tanaman.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment