-->

Pengukuran Radiasi Matahari

Sebagaimana disebutkan di atas, radiasi matahari meliputi tiga aspek yaitu lama penyiranan, intensitas radiasi matahari dan kualitas radiasi matahari, maka pengukuran terkait radiasi matahari meliputi lama penyinaran dan intensitas radiasi matahari dan kualitas radiasi matahari.

a. Lama Penyinaran
Alat yang digunakan untuk mengukur lama penyiranan adalah sun shine recorder type Cambell Stokes dan type Jordan. Kedua alat ini yang umum dipakai di stasiun klimatologi. Alat ini bekerja atas dasar efek pemanasan yang mengakibatkan terbakarnya kertas pias yang dipasang di dalam alat tersebut. Kertas pias adalah kertas yang digunakan untuk merekam sinar matahari yang terbuat dari karton, mudah terbakar, dan berwarna biru gelap sehingga dapat menyerap radiasi matahari. Kertas pias ini dilengkapi dengan skala jam, mulai pukul 06.00 hingga 18.00

b. Intensitas Penyinaran Matahari
Intensitas radiasi matahari dapat diukur dengan beberapa macam alat seperti Solarimeter, lyrbolimeter dan actinograf. Alat ini terdiri dari sebuah silinder yang di dalamnya berisi elemen-elemen silicon yang dihubungkan dengan amperemeter. Di bagian atas silinder ditutup dengan kubah kaca diteruskan ke silicon untuk diubah menjadi energi listrik. Pada alat ini terdapat 6 buah amperemeter dimana cara pembacaannya dimulai dari angka pecahan/terkecil terus meningkat ke kali, maka akan menaikkan angka amperemeter berikutnya sebesar satu angka, begitu seterusnya hingga sampai pada amperemeter yang ke enem. Sedangkan satuan yang digunakan adalah ampere jam (ampere Houre=Ah), 1Ah=68,784 Cal/cm2/hari.

Berikut ini contoh cara menghitung besarnya intensitas radiasi matahari:

Besarnya intensitas radiasi matahari pada tanggal 10 Nopember 2013 ialah selisih dari angka pengamatan tanggal 11 Nopmber 2013 dikurangi angka pengamatan tanggal 10 Nopember 2013 yaitu : 45915,0 Ah – 45908,0 Ah = 7 Ah., sedang 1 Ah = 68,784 Cal/cm2 jadi besarnya intensitas radiasi matahari total pada tanggal 10 Nopember 2013 = 7 x 68,784 Cal/cm2 = 481,488 Cal/cm2.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment