-->

Hubungan antara cuaca/iklim dengan kehutanan/pertanian

Ruang lingkup klimatologi kehutanan/pertanian terbentang antara lapisan tanah sedalam perakaran tanaman hingga lapisan udara tertinggi yang berhubungan dengan penyebaran biji, spora, tepung sari dan serangga. Di bidang kehutanan ruang lingkup klimatologi dapat dimulai dari beberapa meter di bawah permukaan tanah sampai beberapa meter di atas permukaan tajuk pohon. Secara makro, hubungan iklim dengan vegetasi hutan dapat dilihat dengan jelas pada penyebaran tipe atau formasi hutan di dunia berdasarkan letak lintangnya. Selain iklim yang alami, juga diperhatikan keadaan lingkungan buatan seperti penghalang angin, naungan, irigasi, rumah kaca, gudang tempat penyimpanan produksi pertanian dan kandang ternak. Hubungan antara cuaca/iklim dengan kehutanan/pertanian dapat diperhatikan sebagaui berikut :

1. Hutan. Cuaca/iklim dapat mempengaruhi kondisi dan penyebaran vegetasi hutan dari satu tempat ke tempat lain. Vegetasi hutan pada daerah tropis adalah yang paling tinggi keragamannya dan semakin ke kutub pertumbuhan dan penyebaran vegetasi hutan semakin dibatasi.

2. Tanah. 
Tanah adalah hasil pelapukan batuan selama periode waktu lama yang diakibatkan oleh perubahan cuaca. Cuaca/iklim dapat mempengaruhi sifat-sifat kimia dan fisika tanah serta organisme yang ada didalamnya. 

3. Tanaman 
Faktor-faktor iklim dapat berperan, dimulai dari fase per kecambahan, fase vegetatif, generatif dan panen di pengaruhi oleh lingkungan, demikian juga pasca panen. Kualitas produksi tanaman yang dipanen pada musim hujan sangat berbeda jika di panen pada musim kemarau. mencegah terjadinya kebakaran hutan. Contoh musim kemarau yang pendek, sering ada hujan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan atau padang rumput 

4. Peternakan. 
Cuaca/iklim dapat berpengaruh langsung terhadap ternak, contohnya ternak sapi perah agar hasil susunya berkualitas dan berkuantitas maka sebaiknya dipelihara di pegunungan. Pengaruh secara langsung melalui makanannya yang berasal dari hijauan maupun biji-bijian.  Penyebaran geografis ternak, seperti kerbau dan sapi. Contoh kerbau lebih banyak ditemukan pada daerah basah, banyak hujan dan daerah rawa. Sedangkan sapi tumbuh baik jika diternakkan di tempat yang agak kering.

5. Hama dan penyakit. 
Pada musim hujan kondisi iklim menjadi lembab sehingga banyak tanaman diserang penyakit, pada musim kemarau diserang hama. Tinggi rendahnya populasi hama & penyakit tergantung pada keadaan lingkungan. Keadaan lembab menyebabkan jumlah penyakit akan optimum dan keadaan suhu yang tinggi serta kering jumlah hama optimum. Cuaca/iklim dapat mempengaruhi organisme hama atau penyakit dan tanaman yang terserang. Proteksi terhadap hama & penyakit dengan menggunakan pestisida dapat dicari pada saat yang tepat karena aplikasinya tergantung pada hujan, angin, suhu dan unsure cuaca lainnya.

6. Bangunan-bangunan pertanian. 
Merencanakan bangunan-bangunan pertanian seperti tingginya bendungan, dalamnya saluran draenase harus memperhitungkan keadaan cuaca/iklim setempat. Kandang ternak agar kuat mendapat terpaan angin maka sebaiknya ditanami pohon-pohon pelindung angin. Disamping itu dapat melindungi ternak agar tidak mengenai langsung angin seingga dapat mengganggu kesehatannya. Demikian juga mesin mesin pertanian yang kondisi lembab dapat berakibat cepat mengalami karat.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment