-->

Perbandingan LCD dan CRT

Jika hendak memilih jenis display, perlu diperhatikan kelebihan dan kekurangan dari display tersebut. Kelebihan LCD monitor antara lain:
- Hemat energi listrik. Konsumsi daya bervariasi dan berhubungan erat dengan teknologi yang digunakannya. Layar CRT membutuhkan daya yang cukup besar, sekitar 100 watt untuk ukuran layar 19”. Tetapi pada LCD hanya membutuhkan rata-rata 45 watt untuk ukuran layar 19”. Konsumsi daya ini juga berpengaruh besar pada panas yang dihasilkan. Layar CRT cenderung lebih cepat panas daripada layar LCD

- Ukuran fisik lebih kecil dan ringan. LCD monitor secara umum lebih ringan daripada CRT, sehingga hampir semua display sekarang menggunakan LCD karena mudah dipindah. Bahkan dapat ditaruh dipangkuan dan tidak memakan tempat, seperti penggunaan notebook.

- Lebih aman terhadap mata, karena layar LCD menyala/mati secara individu per pixel-nya sehingga tidak menghasilkan kedip (flicker) seperti kedip yang terjadi pada layar CRT. Dengan demikian LCD tetap nyaman di mata meskipun dilihat dalam waktu yang cukup lama.

Sedangkan kelebihan CRT antara lain:
- Lebih murah, meskipun harga LCD semakin lama semakin menurun tetapi jika dibandingkan dengan harga CRT, LCD masih tetap lebih mahal.

- Mampu menampilkan warna lebih detail. Layar CRT dikenal mampu menampilkan warna dengan berbagai gradasi warna yang lebih akurat daripada LCD. Meskipun LCD mulai diperbaiki pada masalah ini yaitu dengan meluncurkan model yang berkelas dilengkapi dengan teknologi kalibrasi warna.
- Lebih responsif. Layar CRT memiliki sedikit permasalahan dengan masalah bayangan (ghosting) dan efek blur (blurring) sebab mampu melakukan pembentukan gambar kembali dengan cepat, daripada LCD.

-  Memiliki banyak resolusi. Jika layar akan digunakan untuk resolusi yang bervariasi maka CRT lebih bagus daripada LCD yang tidak dapat menghasilkan variasi resolusi dengan baik.  Dari segi kekuatan, CRT lebih kokoh daripada LCD.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment