-->

Pembangkit Tegangan Tinggi

Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, pada televisi diperlukan tegangan searah yang sangat tinggi. Maka dari itu diperlukan pembangkit tegangan tinggi yang menghasilkan tegangan  15 kV untuk anoda penerima TV hitam putih dan 25 kV untuk anoda TV warna. Pencapaian ini dilakukan dengan pentransformasian keatas (Step Up ) sinyal tingkat akhir horisontal,.yang dilakukan oleh transformator tegangan tinggi. Digunakannya sinyal dari tingkat akhir horisontal karena mempunyai frekuensi tinggi ( 15625 Hz ) sehingga menghasilkan tegangan induksi sendiri yang tinggi.

Transformator N2 mempunyai tegangan sekunder US = 5 kV melalui pengganda tegangan ( Voltage multiplier ) 5 KALI. Diperoleh tegangan 5 x 5 kV = 25 kV. Pada titik di C1 diambil tegangan untuk pengaturan fokus yang besar tegangannya dapat diatur melalui pembagi tegangan VR 500K dan VDR. VDR berubah-ubah resistansinya terhadap tegangan yang mengenainya , sehingga VDR dapat menstabilkan tegangan fokus.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment