-->

Di mana satelit ditempatkan dan mengapa ?

Satelit informasi yaitu satelit untuk telefonie, radio dan lain-lain, ditempatkan diatas ekuator geostasioner. Dengan kata lainn dia diam diatas ekuator, selalu pada tempat yanng sama terhadap bumi. Satelitsatelit itu disana seperti pada seutas tali, setiap satelit pada satu tempat yang ditentukan.

Satelit berputar dengan kecepatan sudut yang sama Q = alfha / t  pada sumbu bumi seperti bumi itu sendri. Dengan itu dia tampak diam ditempat. Pada kenyataanya dia terbang melintasi angkasa dengan kecepatan yang sangat tinggi. Satelit-satelit itu ditempatkan tepat diatas ekuator geostasioner, mempunyai 3 alasan :

  • Disana dia diam berhadapan dengan bumi, dengan itu antena penerima harus diarahkan hanya sekali. 
  • Diatas ekuator hampir semua daerah berpenduduk dapat dicakup dengan sinyal satelit hanya pada kedua kutub yang tidak mungkin lagi dicakup.
  • Jika satelit sekali ditempatkan pada posisi ekuator yang benar, dibutuhkna hanya kecil saja daya pengendalian untuk mengkoreksi posisi.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment