-->

Dasar Tabung Warna Dengan Kedok Berlubang

Hal yang paling penting dan paling akhir dari televisi adalah tabung gambar yang akan menghasilkan kembali informasi gambar seperti yang dikirim dari pemancar.

Tabung gambar warna mempunyai tiga sistem pembangkit pada silinder tabung. Setiap sistem berfungsi sama seperti tabung hitam putih. Setiap sistem sinar tersebut satu sama lain membentuk sudut 120 derajat , dan diletakkan 1,5 derajat dari sumbu tabung gambar. Setiap sistem dilengkapi dengan katoda dan pemanasnya, elektroda pengemudi (G1) (silinder wehnelt), pemacu (G2), pemokus (G3) dan anoda bersama dengan pelindung aluminiumnya, kedok berlubang dan lapisan hitam didalam. Selain itu setiap sistem juga dilengkapi dengan pengontrol konvergensi dinamis.

Setiap sistem antara katoda dan silinder wehnelt dikemudikan oleh sinyal warna R.G.B, dengan cara ini kecerahan dapat dirubah. Dan setiap tabung gambar tersebut dilengkapi dengan cincin magnet untuk mengatur kemurnian warna, sepatu kutup untuk mengatur konvergensi, dan medan magnet untuk pembelokan
Dengan mekanisme diskriminasi warna, kedok berlubang yang dibuat dari pelat baja tebal 0,15 mm yang mempunyai lubang-lubang bundar, berkas elektron yang ditembakkan dari berkas penembak elektron merah mengenai hanya pada titik-titik phosphor merah, dari penembak elektron hijau mengenai titik-titik phosphor hijau, dan penembak elektron biru mengenai titik-titk phosphor biru. Diameter titik-titik phosphor pada layar adalah 0,3 - 0,4 mm; dan setiap warna mempunyai titik-titik phosphor  400.000 buah sehingga jumlah total titik-titik  1,2 juta. Pada lapisan phosphor dilapisi dengan aluminium tipis yang diuapkan sehingga menghalangi refleksi cahaya ke belakang. Masing-masing pancaran elektron warna biru, hijau, dan merah harus mengenai titik-titik phosphor warna biru, hijau dan merah. Karena jarak antara titik-titik tadi mempunyai sudut yang kecil terhadap pandangan mata maka titik-titik warna tersebut tampak tercampur. Perbandingan 30 % merah, 59% hijau dan 11% biru akan mengakibatkan warna putih. Daya guna dari tabung gambar kedok berlubang lebih kecil dari pada tabung gambar hitam putih. Sekitar 80% dari arus sinar mengenai kedoknya dan hanya 20% dari arus sinar yang langsung mengenai layar Harga rata-rata arus sinar lebih kurang 0,5 mA pada setiap sistem sehingga arus totalnya 3 x 0,5 mA = 1,5 mA. Arus sinar yang mengenai kedok 80%. x 1,5 mA = 1,2 mA.
Jika tegangan anoda 25 KV , maka daya yang mengena kedok adalah :

P = 1,2 mA x 25 KV = 30W

Karena itu akan timbul panas pada permukaan kedok, panas tersebut akan menggeser lubang kedok terhadap letak titik-titik nyalanya. Untuk itu diperlukan campuran metal yang tahan panas dan selain dari pada itu perambatan panas dicegah dengan pencegah bimetal.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment