-->

Cara Pewadahan Reagen

Untuk mejaga keamanan dan kualitas reagen perlu dilakukan pewadahan.

1) Kriteria wadah reagen yang baik antara lain :
a) Botol yang gelap / berwarna coklat, hal ini dilakukan agar dapat terhindar dari sinar matahari.
b) Wadah reagen tidak bocor.
c) Wadah reagen harus bermulut kecil, dan tertutup rapat.
d) Wadah reagen harus berbahan dasar dari kaca.
e) Wadah reagen harus steril, tidak bereaksi dengan bahan kimia dari reagen yang diwadahkan.

Untuk reagen cair, diwadahkan pada botol yang memenuhi kriteria seperti di atas. Reagen yang bervolume kecil, diwadahkan pada botol berukuran kecil. Sedangkan pada reagen yang bervolume besar, diwadahkan pada botol ukuran besar atau jerigen yang berbahan kaca. Untuk reagen serbuk, jika berisi banyak, dapat diwadahkan pada botol dengan mulut agak lebar, hal ini bertujuan agar mudah dalam waktu pengambilan reagen pada waktu penimbangan.Hal penting yang harus selalu di ingat pada saat pewadahan reagen yaitu, pemberian label yang berisi, nama reagen, tanggal pembuatan, paraf pembuat reagen, tanggal penerimaan, konsentrasi dan pelarut pada botol/ wadah reagen.

Alangkah baiknya jika tempat penyimpanan masing-masing kelompok bahan tersebut diberi label dengan warna berbeda. Misalnya warna merah untuk bahan flammable, kuning untuk bahan oksidator, biru untuk bahan toksik, putih untuk bahan korosif, dan hijau untuk bahan yang bahayanya rendah. label bahan flammable label bahan oksidator label bahan toksik label bahan korosif label bahan dengan tingkat bahaya rendah

Reagen harus dibeli dalam wadah yang ukurannya tepat sehingga isinya dapat digunakan semua dalam beberapa bulan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya deteriorasi mutu. Wadah bahan kimia dan lokasi penyimpanan harus diberi label yang jelas. Label wadah harus mencantumkan nama bahan, tingkat bahaya, tanggal diterima dan dipakai.

2) Syarat-syarat yang harus dipenuhi suatu wadah agar dapat berfungsi dengan baik :
a) Harus dapat melindungi reagen dari kotoran, kontaminasi sehingga reagen  tetap bersih.
b) Harus dapat melindungi dari kerusakan fisik, perubahan kadar air , gas, dan  penyinaran (cahaya). c) Mudah untuk dibuka/ditutup, mudah ditangani serta mudah dalam pengangkutan   dan distribusi. d) Harus mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar  yang ada.
e) Dapat menunjukkan identitas, informasi dan penampilanreagen yan jelas.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment