-->

PERSIAPAN MAHIR ( ADVANCED SETUP ) BAG 11 [END]

18. Langkah ketujuh belas, yaitu penginputan Tabel Daftar Aktiva Tetap yang dimiliki  Perusahaan (List Of Fixed Asset). Tabel Daftar Aktiva Tetap ini dapat Anda isi dengan menggunakan tombol Add yang tersedia atau dengan mengimport master data Aktiva Tetap (file excel) yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan cara:
a. Klik “click here to Import from file”
b. Pada window Import
Fixed Asset From File , isi nama dan alamat folder tempat file excel yang akan diimport dengan cara mengklik tombol explorer (tombol open folder), lalu klik OPEN untuk membuka file excel tersebut kemudian klik tombol Extract Data (Ambil Data).

c. Setelah Extract Data (Ambil Data), langkah berikutnya hapus judul kolom pada baris pertama tabel Available Source. Perhatikan gambar berikut ini:
 
d. Defenisikan (define) judul kolom data sumber ke kolom-kolom yang tersedia di ACCURATE. 


e. Setelah kolom data sumber didefenisikan dan format tanggal disesuaikan dengan format tanggal data sumber, klik tombol Import untuk memulai proses pengimporan file excel Anda. Setelah semua data Aktiva Tetap pada file excel berhasil diimport, klik tombol Next untuk melanjutkan persiapan Database ke tahap berikutnya.

19. Langkah selanjutnya adalah mengecek saldo-saldo akun pada tabel Neraca Percobaan (Trial Balance). Pengisian ataupun pengeditan saldo akunakun dengan tipe akun cash/bank, other current asset, other asset, other current liabilities, long term liabilities, dan equity dapat langsung lakukan pada tabel Neraca Percobaan (Trial Balance) ini. Untuk pengeditan saldo akun dengan tipe account receivable,inventory,account payable,fixed asset, dan accumulated depreciation tidak boleh Anda lakukan pada tabel ini.
Pengeditan saldo akun tipe account receivable dapat Anda lakukan melalui Daftar Pelanggan (Customer List), pengeditan saldo akun tipe inventory dapat Anda lakukan melalui Daftar Barang dan Jasa (List Of Items), pengeditan saldo akun tipe account payable dapat Anda lakukan melalui Daftar Pemasok (Vendor List), pengeditan saldo akun tipe aktiva tetap dapat Anda lakukan melalui Daftar Aktiva Tetap (Fixed Asset List).

20.  Langkah Terakhir dalam persiapan singkat Database Mahir adalah Proses Period End untuk menghitung saldo Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap. Proses Period End dapat Anda lakukan dengan mengikuti petunjuk berikut ini:
a. Klik tombol Quit (Keluar) untuk keluar dari tampilan Quick Setup (Persiapan Singkat).
b. Klik menu utama Activities – Periodic – Period End (Aktifitas – Periode – Proses Akhir Bulan)
c. Pada form Period End, pilih bulan dan tahun sesuai dengan bulan  dan tahun start date Database Anda. Kemudian klik tombol OK. Tunggu sampai proses akhir bulan (period end) selesai. Perhatikan gambar di bawah ini :
 
Untuk mengecek apakah persiapan awal Database Anda sudah tepat dan benar, Anda dapat membuka Laporan Neraca Saldo Klasik (Trial Balance Classic) dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
a. Klik menu utama Report – General Ledger (Laporan – Buku Besar)
b. Kemudian pada detail laporan pilih Trial Balance Classic
c. Filter parameter tanggal sesuai dengan tanggal start date database Anda. Berikut ini contoh tampilan Report Trial Balance Classic :



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment