-->

Pembibitan Tanaman Hutan

Materi pembibitan tanaman hutan akan membahas tentang fakta-fakta, prinsip/konsep dan prosedur berkaitan dengan tata usaha bibit tanaman hutan, penyusunan rencana persemaian, penyiapan media tumbuh bibit, teknik menyemai, menyapih bibit, memelihara bibit, menyeleksi bibit, dan mengemas dan mengangkut bibit tanaman hutan.   Tersedianya bibit tanaman hutan yang berkualitas tinggi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tegakan hutan. Tegakan hutan yang pertumbuhannya baik akan segera diperoleh bahan kayu yang dapat diperlukan untuk kegiatan pembangunan nasional dan industri perkayuan. 

Setelah melalui serangkaian proses produksi benih,  akhirnya diperoleh benih tanaman hutan yang berkualitas baik. Untuk memperoleh bibit yang  bermutu diperlukan kegiatan pembuatan pembibitan. Tujuan utama pembuatan pembibitan adalah sebagai upaya penyediaan bibit yang  berkualitas baik dalam jumlah yang memadai, sesuai dengan rencana penanaman. Dari bibit yang berkualitas baik diharapkan akan diperoleh tanaman yang baik pula. Sebaliknya bibit yang jeiek akan menghasilkan tanaman yang jelek pula. Oleh sebab itu penanganan pembibitan oleh tenaga yang terampil mutlak diperlukan. 
Dalam rangka membekali sikap, pengetahuan, dan keterampilan  siswa SMK dalam hal pembibitan tanaman hutan maka proses pelaksanaan pembibitan mengikuti tata usaha bibit yang telah ditetapkan pada Peraturan Kementerian Kehutanan nomor P.I/Menhut-II/tahun 2009.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment