-->

Mendesain Tabel dengan Query

Suatu file database (*.mdb, *.accdb) terdiri dari satu atau lebih table, index dan komponen  lainnyanya. Sedangkan dalam satu tabel bis aterdiri dari satu atau lebih record data masing-masing berisi informasi yang sejenis. Membuat database berarti membuat file pada disk dimana kita tidak dapat berbuat apa-apa dengan file tersebut sampai tabel-tabel selesai dibuat dan ditambahkan pada file database. Dalam mendesain tabel dengan Query pastikan  jendela SQL Query aktif. Format perintah query sebagai berikut:



Size Ukuran dari field dalam karakter.  Digunakan hanya untuk tipe data Text. Index1, Index2 Anak kalimat Contraint yang mendefinisikan sebuah index Single field. Multifieldindex Anak kalimat Contraint yang mendefinisikan sebuah index Multiple field.
 


Beberapa elemen umum yang harus ditentukan dalam membuat sebuah tabel:
  • Nama dari tabel harus Unique untuk setiap file database, tidak diperkenankan dalam satu folder terdapat lebih dari satu nama file database yang sama. 
  • Nama dari field (kolom) harus bersifat Unique untuk setiap tabel (tidak boleh sama). 
  • Tipe data dan ukuran  masing-masing field (kolom) harus disesuaikan dengan kondisi data yang akan disimpan. 
  • Pemakaian Constraint yang diikutkan dalam pembentukan suatu tabel, terdiri dari Null, Not Null, Primary Key, Unique dan Foreign Key atau gabungan beberapa Constraint yang ada. 
Hasil dari statement query stuktur tabel MHS diatas adalah sebagai berikut : 
 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment