-->

Definsi SQL

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam software DBMS. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data mendukung bahasa ini untuk melakukan pengelolaan datanya. Instruksi – instruksi atau pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi 5 kelompok DDL, DML, DCL,pengendali transaksi dan pengendali programatik.

  •  DDL ( Data Definition Language )   
DDL merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atributdatabase, table, atribut (kolom), batasan-batasan terhadap suatu atribut serta hubunganantar table. Yang termasuk dalam  kelompok DDL ini adalah :
CREATE   untuk menciptakan table ataupun indeks  
ALTER  untuk mengubah struktur table  
DROP untuk menghapus table ataupun indeks 

  •  DML ( Data Manipulation Language )   
Adalah kelompok perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data, misalnya untuk pengambilan, penyisipan pengubahan dan penghapusan data. Yang termasuk DML adalah instruksi:
SELECT  untuk memilih data (retrieving data)
INSERT untuk menambah data 
DELETE untuk menghapus data 
UPDATE untuk mengubah data

  •  DCL ( Data Control Language )   
Berisi perintah-perintah untuk mngendalikan pengaksesan data. Yang termasuk DCL diantaranya adalah : 
GRANT   untuk memberikan kendali pada pengaksesan data. 
REVOKE  untuk mencabut kemampuan pengaksesan data 
LOCK TABLE untuk mengunci tabel

  •  Transaction Control Language (TCL) atau Pengendali transaksi   
TCL adalah perintah-perintah yang berfungsi untuk mengendalikan pengeksekusian transaksi. Yang termasuk kelompok TCL ini adalah : 
COMMIT  untuk menyetujui rangkaian perintah yang berhubungan erat yang telahberhasil dilakukan  ROLLBACK untuk membatalkan transaksi yang dilakukan karena adanya kesalahanatau kegagalan pada salah satu rangkaian perintah.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment