-->

Kebutuhan Nutrisi Kuda

Seperti halnya ternak lain, kuda memerlukan karbohidrat, protein, mineral, vitamin untuk hidup pokok (beristirahat), bekerja (misalnya berlari dan mengangkat beban), reproduksi (bunting dan laktasi), dan pertumbuhan. Beberapa faktor yang menentukan kebutuhan zat makanan, antara lain:
1) temperatur;
2) kondisi;
3) umur;
4) berat badan;
5) lama bekerja/hari; dan
6) bunting/laktasi.

Tingkat aktivitas kuda dapat dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu kerja ringan, sedang, dan berat (Parakkasi, 1986).
Kebutuhan nutrisi kuda dengan bobot badan 200, 400, dan 500 kg berdasarkan tingkat aktivitas yang sedang dijalaninya.

Kebutuhan nutrisi kuda untuk hidup pokok, kerja, dan reproduksi identik jenisnya dengan yang dibutuhkan oleh manusia, hewan kesayangan, dan hewan ternak lainnya. Selanjutnya, jumlah kebutuhan kuda sangat bervariasi sesuai kondisi. Energi yang dibtuhkan kuda pacu melebihi hidup pokok hingga 50-100 kali lipatnya. Kuda yang bekerja keras mengeluarkan keringat dengan garam sebanyak 2-3 ounces (1 ounces = 28 g) pada hari panas. Kebutuhan kalsium anak kudatiga kali lipat karena tulang-tulangnya tumbuh dengan cepat. Nutrien esensial adalah air, energi (karbohidrat dan lemak), protein, mineral, dan vitamin.

Ketersediaan pakan yang baikakan menunjangkelangsungan hidup dan pertumbuhan kuda sehingga pakan merupakan faktor penting dalam peternakan kuda. Pakan utama kuda adalah rumput dengan berbagai jenis rumput seperti Panicum maticum dan Brachiaria mutica. Pakan rumput hanya cukup untuk digunakan bagi kelangsungan hidup tetapi untuk kuda pacu atau olahraga perlu tambahan konsentrat dan vitamin. Pakan konsentrat merupakan pakan tambahan energi bagi kuda.

Konsentrat yang dapat diberikan antara lain konsentrat sereal yang terdiri dari gandum, jagung, produk tepung, sorgum, berbagai produk padi dan produk non sereal yang terdiri dari gula bit, rumput kering, kacang-kacangan (legum) seperti kedelai dan kacang (McBane,1994).



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment