-->

Faktor-faktor penentu waktu panen bag 2

2) Harga Jual 

Ketidakstabilan  harga jual ternak di  pasar harus diperhatikan. Bila  harga rendah sekali, harus dipertimbangkan kemungkinan memperpanjang periode  pemeliharaan sampai batas waktu  tertentu. Sebaliknya apabila harga baik atau tinggi, lebih baik mempersingkat periode pemeliharaan dengan melakukan pemanenan saat itu tanpa mempertimbangkan berat badan dan umur ternak, apabila sudah memenuhi persyaratan pasar. Harga jual produk ternak pada posisi harga ter tinggi umumnya adalah pada saat menjelang dan sesudah hari besar keagamaan dan tahun baru.

3) Kondisi Kesehatan Ternak 

Terjangkitnya   penyakit  atau   wabah   pada usaha budidaya ternak dapat membuat peternak mengambil  langkah untuk memanen dan menjual ternak yang tersisa dari kematian, baik sebagian atau seluruhnya. Tindakan ini dilakukan tanpa  mempertimbangkan umur, berat  badan  dan harga  jual ayam. Pertimbangannya bukan lagi mengejar perolehan keuntungan,
namun dalam usaha menekan kerugian serendah-rendahnya akibat penyakit atau wabah yang sedang berjangkit.

4) Bobot Badan 

Faktor penentu waktu pemanenan ternak berdasarkan bobot badan ternak, biasanya di gunakan dalam pemeliharaan yang tujuannya untuk memproduksi daging seperti pada pemeliharaan ayam pedaging dan penggemukan ternak potong lainnya. Bobot badan ternak biasanya di gunakan sebagai acuan untuk menentukan waktu panen ternak pedaging baik ternak unggas atau ruminansia dan monogastrik. Akan tetapi bobot badan bukan satu-satunya pertimbangan waktu panan ternak. Sebagi contoh pada pemeliharaan ayam pedaging, biasanya target bobot badan ayam saat dipanen adalah kurang dari  1,7  kg, sebagian besar dijual  dengan  berat badan mencapai 1,3-1,6 Kg. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah kegemaran konsumen di suatu daerah atau keadaan. Pada daerah tertentu konsumen lebih suka ayam kecil dengan beratnya kurang dari 1 kg, sedangkan didaerah lain konsumen lebih suka ayam besar dengan berat 1,5-2 kg serta ada juga yang menyukai ayam dengan berat diatas 2 kg. Secara umum, konsumen atau pangsa pasar ayam pedaging berdasarkan berat badan dapat dilihat pada Tabel 32.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment