-->

Pembuatan report dengan query parameter

Untuk menerapkan pemfileteran data pada report, terlebih dahulu harus disiapkan query yang memiliki parameter. Untuk membuat query parameter ini telah dibahas pada kegiatan belajar sebelumnya yaitu kegiatan belajar 30. Salah satu contoh query parameter yang dapat digunakan sebagai data source dari report adalah query parameter pada kolom NIS dan mengacu ke tabel siswa. Tampilan design view dari query tersebut (dinamakan QryParameter) dapat lihat pada gambar 36. 1. berikut ini :



Query tersebut selanjutnya dijadikan sebagai acuan untuk report yang dibuat. Misalkan untuk report yang dibuat menggunakan report wizard, maka pada jendela panduan penentuan tabell atau query dan kolom – kolom yang ditampilkan dalam report => pilih QryParameter, sebagaimana terlihat pada gambar 36. 2.

 

Langkah – langkah pada report wizard selanjutnya telah dibahas pada kegiatan belajar – kegiatan belajar sebelumnya yang membahas tentang pembuatan dan desain report. Apabila teknik report dengan pemfilteran data ini akan diterapkan pada report yang sudah terlanjur terbentuk dan data source report tersebut mengacu ke tabel terntentu, misalnya tabel siswa, maka dapat dilakkan pengeditan data source dan mengarahkan data report tersebut ke QryParameter. Langkah –langkah untuk mengarahkan datasource dari sebuah report (misalkan RptNilai yang memilki subreport) ke query tertentu, dalam hal ini query dengan parameter (QryParameter) adalah sebagai berikut :

1. Buka RptNilai pada mode design view
2. Pilih Report pada jendela Property Sheet => Pilih tab Data
3. Ganti Record Source dari tabel siswa => klik combo box pada baris masukan Record Source => ganti ke QryParameter. Perhatikan gambar 36. 3. berikut ini :



4. Simpan report  atas perubahan yang telah dilakukan 
5. Jalankan report => ganti ke mode report view
6. Pada saat report terbuka, akan muncul tampilan input yang meminta masukan NIS yang ditampilkan didalam report seperti gambar berikut :



Masukkan NIS yang terdaftar di dalam tabel siswa => Klik tombol OK
7. Hasil dari pemfilteran data pada query QryParameter tersebut adalah tampilan report yang hanya menampilkan satu data dari siswa dengan NIS yang dimasukkan pada jendela input parameter, seperti contoh pada gambar berikut :



Sebagai catatan :  Apabila pada input tersebut dimasukkan NIS yang tidak terdaftar, maka report akan menampilkan data kosong



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment