-->

Silinder Liner

Bagian dalam dari blok silinder tempat terjadi gerakan piston naik dan turun. Dibutuhkan bahan yang kuat tahan terhadap temperatur yang tinggi dan keausan. Silinder terdiri dari beberapa jenis yaitu :

1. Jenis Menyatu Lubang boring sebagai silinder (menyatu dengan blok)


Gambar 2.32 Silinder Menyatu dengan Blok

Ciri-ciri khusus :
x Konstruksi kuat dan sederhana
x Bahan sama untuk blok dan silinder
x Paling umum pada motor mobil

2. Tabung silinder kering 

Tabung silinder mempunyai bahan yang berbeda dan disatukan denga proses pengepresan, tidak bersinggungan langsung dengan air pendingin (kering).

Gambar 2.33 Silinder Kering

Cir-ciri Khusus :
x Bahan harus mempunyai sifat luncur yang baik dan tahan aus optimal
x Blok silinder bisa di buat dari logam ringan
x Tabung silinder yang aus bisa diganti tetapi perbaikan tersebut memerlukan alat khusus.
x Sering digunakan pada mesin sepeda motor dan motor diesel kecil

3. Tabung Silinder Basah 

x Bahan tabung harus mempunyai sifat luncur yang baik dan tahan aus yang optimal.
x Blok silinder bisa di buat dari logam ringan.
x Pendingin merata, karena tabung silinder bersinggungan langsung dengan air pendingin.
x Tabung silinder dapat diganti dengan cepat dan mudah, tetapi harus diperhatikan pemasangannya (tinggi permukaan serta kerataan permukaan tabung silinder).

Gambar 2.34 Silinder Basah Jenis Berdiri

Masalah pemuaian panas yang berbeda antara tabung dan blok : membuat tekanan pengepresan paking berubah , ada kebocoran masuk ruang bakar

Gambar 2.35 Silinder Basah jenis Mengantung

Masalah pemuaian panas yang berbeda antara tabung & blok : Membuat tekanan pengepresan paking kepala silinder tetap, tapi posisi ring karet dapat bergeser, menyebabkan kebocoran air pendingin melalui lubang pelepas atau masuk ruang engkol.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment