Pemakaian oli
Keberadaan oli (level oli) harus selalu terkontrol, untuk menjaga kefungsian dari pelumas tersebut. Ada kemungkinan oli berkurang dari level yang sudah ditentukan dikarenakan ; dinding silinder, cincin torak dan pengantar katup juga perlu pelumasan, ini yang menyebabkan, sebagian kecil oli dapat masuk ruang bakar dan ikut terbakar.
Kehilangan oli : 0,1 – 1 liter / 1000 km
Kehilangan oli : 0,2 – 2 liter / 1000 km
Pemakaian oli mesin yang boros (cepat berkurang) bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: 1. Kelebihan oli dalam panci Terjadi cipratan oleh poros engkol, terjadi pengkabutan dan penghisapan melalui ventilasi karter.
2. Kebocoran keluar motor Misal pada paking kepala silinder, sil-sil poros engkol, sakelar lampu isyarat dsb.
3. Kebocoran menuju ruang bakar ( oli ikut terbakar )
0 komentar:
Post a Comment