-->

Mekanisme Katup bag 1

1. Nama Bagian Mekanisme Katup : Katup pada umumnya diletakkan pada kepala silinder. Metode penggerak mekanik katup menggunakan : timing gear, timing chain atau dengan timing belt. Adapun fungsi katup untuk membuka dan menutup ruang bakar sesuai proses yang terjadi di dalam silinder.

Gambar 2.52 Nama Bagian Mekanisme Katup

Fungsi Mekanisme katup adalah :
¾ Mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder ¾ Mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang

2. Tipe Mekanisme Katup Ditinjau dari mekanisme penggerakan katup dapat di bagi dalam 3 tipe yaitu : tipe Over Head Valve (OHV), tipe Over Head  Cam shaft (OHC) dan tipe Double Over Head Cam shaft (DOHC).

a. Tipe Over Head Valve (OHV) Model OHV menggunakan timing gear untuk menghubungkan putaran poros engkol dengan poros nok, lifter dan push rod digunakan untuk menggerakkan katup melalui nok poros kam

Gambar 2.53 Mekanisme Katup Tipe OHV

Katup di kepala silinder ( Over Head Valve )

  • Keuntungan 
x Bentuk ruang bakar baik
x Katupnya menggantung
x Poros kam terletak di bawah
x Katupnya di kepala silinder
  • Kerugian 
x Banyak bagian-bagian yang bergerak
x Kelembaman massa besar
x Tidak ideal untuk putaran tinggi

b. Tipe Over Head Camshaft (OHC) Poros kam berjumlah satu berada pada kepala silinder langsung menggerakkan tuas katup (gambar A) atau tuas ayun (gambar b), menggunakan timing gear atau timing belt untuk menghubungkan putaran poros nok dan poros kam.

Gambar 2.54 Mekanisme Katup Tipe OHC

  • Keuntungan
x Sedikit bagian-bagian yang bergerak
x Kelembaman massa kecil, baik untuk putaran tinggi
  • Kerugian
x Konstruksi motor menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment