Sudut King – Pin Dan Offset
Fungsi Sudut King – Pin
Gambar 6.37. Fungsi sudut kingpin
TL = Tinggi saat posisi lurus
KL = Panjang pegas saat lurus
Tb = Tinggi saat belok
KB = Panjang pegas saat belok
Perhatikan pada gambar pada saat belok kanan king – pin terangkat ke atas dan saat belok kiri juga naik
Goresan ke atas king – pin diteruskan ke pegas dan body kendaraan ( melepas gaya berat kendaraan FW )
Perubahan tinggi king – pin menyebabkan gaya balik kemudi ke posisi lurus
Sudut king – ping berfungsi untuk mengembalikan sikap roda ke posisi lurus setelah membelok
Difinisi Offset
Jarak antara titik temu, garis tengah roda terhadap permukaan jalan dengan titik temu perpanjangan garis sumbu king – pin terhadap permukaan jalan disebut “ Off Set “Pengaruh jarak offset
Jarak offset diperlukan saat roda dibelokkan tidak terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, karena roda akan bergerak mengelilingi sumbu king – pin.
Pada kendaran hanya diperlukan sedikit offset, jika offset besar pengemudian terasa berat dan getaran cukup kuat
Offset nol
Offset Positif Saat Di Rem
Offset Negatif Saat Di Rem
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment