-->

Caster

Caster

Kemiringan sumbu putar kemudi ( king pin ) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan 
 

Fungsi Caster

Saat Jalan Lurus

 

F  = Gaya penggerak
Fr = Gaya reaksi ( yang digerakkan )

Gaya penggerak F bekerja pada titik A dan menarik roda ( yang digerakkan ) di titik B. Tahanan gelinding roda memberikan perlawanan (reaksi) yang arahnya berlawanan (Fr). Dengan demikian reaksi gaya gelinding roda yang ditarik akan selalu segaris dan arahnya berlawanan dengan arah gaya, penggerak. Saat jalan lurus, caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemudi dilepas .

Saat belok

 
Gambar 6.35. Fungsi caster saat belok

Spindel bergerak naik
Badan mobil kanan bergerak turun dan camber berubah ke arah negatif

Spindel bergerak turun
Badan mobil kiri bergkerak naik camber berubah ke arah positif

Dengan berubahnya camber roda luar ke arah negatif → ban menopang pada permukaan jalan dengan baik. ( Tidak mudah slip keluar radius jalan ).
Besar sudut caster dan perbedaan yang diijinkan  Sudut caster umumnya : 30 – 80 ( 10– 100 ) Perbedaan yang diijinkan antara roda kiri dan kanan : 30‟ ( 30 menit )  



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment