Caster
Caster
Kemiringan sumbu putar kemudi ( king pin ) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraanFungsi Caster
Saat Jalan Lurus
F = Gaya penggerak
Fr = Gaya reaksi ( yang digerakkan )
Gaya penggerak F bekerja pada titik A dan menarik roda ( yang digerakkan ) di titik B. Tahanan gelinding roda memberikan perlawanan (reaksi) yang arahnya berlawanan (Fr). Dengan demikian reaksi gaya gelinding roda yang ditarik akan selalu segaris dan arahnya berlawanan dengan arah gaya, penggerak. Saat jalan lurus, caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemudi dilepas .
Saat belok
Gambar 6.35. Fungsi caster saat belok
Spindel bergerak naik
Badan mobil kanan bergerak turun dan camber berubah ke arah negatif
Spindel bergerak turun
Badan mobil kiri bergkerak naik camber berubah ke arah positif
Dengan berubahnya camber roda luar ke arah negatif → ban menopang pada permukaan jalan dengan baik. ( Tidak mudah slip keluar radius jalan ).
Besar sudut caster dan perbedaan yang diijinkan Sudut caster umumnya : 30 – 80 ( 10– 100 ) Perbedaan yang diijinkan antara roda kiri dan kanan : 30‟ ( 30 menit )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi
0 komentar:
Post a Comment