-->

Peralatan Penyemenan

Peralatan penyemenan pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

a. Peralatan di atas permukaan (surface equipment) 

Peralatan penyemenan di atas permukaan meliputi : cementing unit, flow line, dan cementing head.



b. Peralatan di bawah permukaan (subsurface equipment) 

Peralatan penyemenan dibawah permukaan meliputi :
- Casing, merupakan pipa selubung yang berfungsi untuk : melindungi lubang bor dari pengaruh-pengaruh fluida formasi dan tekanan-tekanan di sekitarnya, melindungi lubang bor dari keguguran, memisahkan formasi produktif satu dengan lainnya dan bersama-sama memperkuat dinding lubang bor serta mempermudah operasi produksi nantinya.
- Centralizer, memiliki fungsi menempatkan casing di tengahtengah lubang, mensekrap mud cake dan mencegah terjadinya differential sticking. Centralizer dibuat dari bahan baja, sehingga mampu mendorong casing di tengah-tengah lubang.
- Scratchers, alat yang dirangkaikan/dipasang pada casing dan berfungsi untuk membersihkan dinding lubang bor dari mud cake, sehingga didapat lubang bor yang bersih.

Ada dua jenis scratchers : Rotation type wall scratcher dan Reciprocating type scratcher. Pemasangan scratcher pada casing pada umumnya dilas, tetapi dewasa ini dipasang dengan step collar atau clamps. 

- Peralatanfloating, terdiri dari :
1) Shoe   :  casing shoe/guide shoe, float shoe
2) Collar :  guide collar, float collar

- Shoe track, merupakan pipa casing yang dipasang antara shoe dan collar sepanjang satu batang atau lebih, tergantung dari ketinggian semen diannulus. 
- Cementing plug, terdiri dari Bottom plug berfungsi untuk mencegah adanya kontaminasi antara lumpur dengan bubur semen dan Top plug berfungsi untuk mendorong bubur semen, memisahkan semen dari lumpur pendorong agar tidak terjadi kontaminasi, membersihkan sisa-sisa semen dalam casing.
 
Gambar 5.10. Peralatan Bawah Permukaan
 
Gambar 5.11. Peralatan Pendukung Penyemenan



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment