-->

Pegas


Pegas berfungsi untuk menghilangkan getaran karoseri yang ditimbulkan oleh pukulan jalan pada roda, Selain itu juga menjamin roda tetap menapak pada jalan
 
Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh : ban, pegas suspensi dan pegas tempat duduk
 
Massa tak terpegas ( A ), meliputi : Roda, rem, aksel dan ½ pegas bagian bawah
Massa terpegas ( B ) ,meliputi : Bodi dan semua komponen yang melekat pada bodi, penumpang barang dan ½ pegas bagian atas


Gambar 5.39. Prinsip pemegasan
Kendaraan semakin nyaman jika massa tak terpegas semakin ringan

Macam – Macam Pegas

  • Pegas Daun

 
Gambar 5.40. Pegas daun

Sifat – Sifat :
 Konstruksi sederhana
 Dapat meredam getaran sendiri ( gesekan antara daun pegas )
 Berfungsi sebagai lengan penyangga ( tidak memerlukan lengan memanjang  dan melintang )

Penggunaan :
Aksel depan / belakang, tanpa / dengan penggerak roda

  • Pegas Koil
Pada saat pemegasan, batang pegas koil menerima beban puntir dan lengkung
 
Gambar 5.41. Pegas koil

Sifat – Sifat :
 Langkah pemegasan panjang
 Tidak dapat  meredam getaran sendiri
 Tidak dapat  menerima gaya horisontal ( perlu lengan – lengan )
 Energi beban yang diabsorsi lebih besar daripada pegas daun
 Dapat dibuat pegas lembut Penggunaan : Pada suspensi independen dan aksel rigrid


  • Pegas Batang Torsi ( Puntir )
Pada saat pemegasan, pegas menerima beban puntir
 

Gambar 5.42. Pegas batang torsi

Sifat – Sifat :
 Memerlukan sedikit tempat
 Energi yang diabsorsi lebih besar daripada pegas lain
 Tidak mempunyai sifat meredam getaran sendiri
 Dapat menyetel tinggi bebas mobil
 Langkah pemegasan panjang
 Mahal

Penggunaan :
Suspensi Independen
   


  • Pegas Hidropneumatis
 

Gambar 5.43. Pegas Pneumatic
Sifat – sifat :
 Elastisitas tinggi
 Saat pemegasan tidak timbul gelembung udara pada oli
 Dapat untuk mengatur tinggi bebas kendaraan

Penggunaan :
Kendaraan penumpang / sedan



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment