-->

Jenis-JenisWell Completion

1. Bottom Hole Completion 

Pada metoda ini terbagi atas dua macam yaitu open hole completion dan perforated casing completion. Open hole completion merupakan metoda yang paling sederhana, dimana casing hanya dipasang sampai puncak formasi produktif, sehingga formasi produktif tidak tertutup secara mekanis. Metoda ini hanya cocok untuk formasi yang kompak (tidak mudah gugur). Pada metoda perforated casing completion, casing produksi dipasang menembus formasi produktif dan disemen yang selanjutnya diperforasi pada interval-interval yang diinginkan.

 
Gambar 6.1.Open Hole Completion

2. Tubing Completion 

Tubing completion berdasarkan jumlah production string yang digunakan dalam satu sumur, dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

• Single completion
• Commingle completion
• Multiple completion 

Dalam metoda single completion digunakan satu production string, dimana sumur hanya memiliki satu lapisan/zone produktif atau banyak lapisan tetapi diproduksi secara bergantian masing-masing zona. Single completion dapat dilakukan secara open hole bila formasinya cukup kompak, dan dilakukan secara perforated jika formasinya kurang kompak dan diselingi lapisan-lapisan tipis dari air atau gas. Dengan menggunakan metoda commingle maka sumur yang mempunyai lebih dari satu lapisan/zone produktif dapat diproduksikan melalui satu production string. 

Multiple completion dilakukan untuk sumur yang memiliki lebih dari satu lapisan/zone produktif. Tiap-tiap zone produktif diproduksikan sendiri-sendiri secara terpisah sesuai dengan produktivitasnya masingmasing, sehingga dapat memaksimalkan recoverable oil. Pada metoda ini pengontrolan masing-masing zone produksi dan kerusakan alat atau formasinya dapat dilakukan secara mudah
 
Gambar 6.2. Single  Completion

 
Gambar 6.3. Multiple Completion



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment