-->

PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013) [SKRIPSI]

PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013)
Suheni Indriani, A220090060, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2013, xxiii + 153 halaman termasuk lampiran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman nilai-nilai
nasionalisme pada siswa kelas VII, mendeskripsikan usaha penanaman nilai-nilai
nasionalisme yang dilakukan guru melalui proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas VII, mendeskripsikan partisipasi dalam
penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas VII, dan menggambarkan pelaksanaan
penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013.
Metode penelitian ini yaitu studi kasus, karena penelitian ini bertujuan untuk
mengungkap dari suatu peristiwa dalam suatu kelompok. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen
/ arsip.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman nilai-nilai
nasionalisme pada siswa kelas VII sudah baik, terlihat dari siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sudah senantiasa mengamalkan
nilai-nilai nasionalisme, 2) Usaha penanaman nilai-nilai nasionalisme yang
dilakukan guru melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada
siswa kelas VII yaitu guru selalu mengecek kelengkapan buku paket dan tugas
siswa sebelum memulai pembelajaran, guru selalu memberi kesempatan siswa
untuk bertanya, dan guru memotivasi siswa untuk meningkatkan rasa persatuan
dan kesatuan serta mencintai kebudayaan / produk asli dalam negeri, 3) Partisipasi
dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII yaitu, siswa berperan aktif
dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan ikut
berpartisipasi dalam kegiatan upacara dan pramuka, 4) Pelaksanaan penanaman
nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013
yaitu, tercermin pada keinginan menjadi warga negara yang baik, setia terhadap
negara, menghormati negara dalam keadaan apapun, dan senantiasa mencintai
negara. Nilai-nilai nasionalisme tersebut diimplementasikan dalam proses
pembelajaran di kelas, interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik
di dalam maupun di luar kelas.
Kata kunci: penanaman nilai, nasionalisme, pembelajaran PKn.


LINK DOWNLOAD : PDF



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment