-->

Komposisi Urine


Secara umum komposisi urine terdiri atas air, urea, asam urat, amoniak, natrium, kalium, klorida, dan fosfat. Perbandingan konsentrasi antara plasma dan urine dapat dilihat pada Tabel 7.2.

Komposisi, pH, volume dari urine yang dibentuk sangat bervariasi bergantung pada kebutuhan tubuh akan zat-zat tertentu, pengeluaran racunracun dan pengeluaran asam tubuh yang bergantung pada jenis makanan, volume air minum, dan sebagainya. Urine biasanya jernih, berwarna sedikit kuning yang disebabkan oleh warna urobilinogen (urobilinogen berasal dari bilirubin). Makin pekat urine makin kuning cokelatlah warnanya dan makin tinggi berat jenisnya. Urine yang keruh biasanya menunjukkan adanya kristal garam atau adanya lendir. Jika dibiarkan beberapa lama, urine akan berbau pesing karena terbentuk amonia (NH3) dari urea atau dari ion-ion amonium. Urine biasanya bersifat asam (pH normal antara 4,5 – 8,00) karena makanan yang banyak mengandung protein akan menurunkan pH urine, sedangkan makanan yang banyak mengandung sayuran menaikkan pH. Volume urine yang normal adalah 900-2.100 cc/hari.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment