-->

Sifat-sifat Akun dan Aturan Pencatatan Akun

Di bagian terdahulu sudah dijelaskan bahwa akun dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu akun riil dan akun nominal. Dalam akun riil terdiri dari akun aset, yang sifatnya berbalik arah dengan akun kewajiban dan akun ekuitas.

Pada akun aset, sisi kiri/ atau sisi debit akun bentuk T akan digunakan untuk mencatat penambahan aset. Sedangkan, untuk pencatatan penurunan jumlah aset akan dicatat di sebelah sisi kanan atau sisi kredit. Dengan demikian jika kita mengatakan mendebit akun kas, maka kas akan bertambah  dan dicatat di sebelah sisi kiri/ debit pada akun kas dan jika dikatakan mengkredit akun kas, maka kas akan berkurang dan dicatat di sebelah kanan/ kerdit akun kas. Sebaliknya, pada akun kewajiban dan ekuitas, sisi debit atau sisi kiri akun T untuk mencatat penurunan akun tersebut. Sedangkan peningkatan jumlah kewajiban dan ekuitas akan dicatat di sebelah kanan/ kredit akun tersebut. Sehingga, jika kita mengatakan mendebit akun utang atau modal pemilik yang dicatat di sebelah kiri/ sisi debitnya, maka akan terjadi penurunan jumlah utang dan modal pemilik dan jika kita katakan mengkredit akun utang dan ekuitas berarti ada penambahan jumlah utang dan modal pemilik.  Aturan pencatatan atau pendebitan dan pengkreditan akun dinyatakan dalam ilustrasi 3.6.

Ilustrasi 3.6: Aturan Pencatatan Suatu Akun

Aturan pencatatan sebuah akun atau sering disebut sebagai aturan pendebitan dan pengkreditan sebuah akun juga dapat dinyatakan sebagaimana dalam ilustrasi 3.7.


Aturan pendebitan dan pengkreditan yang ada pada ilustrasi 3.7, 3.8 dan 3.9 dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Akun-akun Aset (Asset Accounts) Akun-akun aset digunakan untuk mencatat semua transaksi yang mempengaruhi perubahan (peningkatan atau penurunan aset) dalam aset. Pengaruh transaksi terhadap akun-akun ini adalah bila terjadi peningkatan nilai aset  (+) maka akun ini didebit, bila terjadi penurunan aset, akun ini dikredit (-) sejumlah peningkatan atau penurunan akun aset. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa pada sisi kiri (debit) akun aset digunakan untuk mencatat peningkatan aset dan sisi kanan (kredit) digunakan untuk mencatat penurunan nilai aset.

2. Akun-akun Kewajiban (Liability Accounts) Akun-akun kewajban adalah akun yang digunakan untuk mencatat semua transaski yang mempengaruhi perubahan (peningkatan atau penurunan aset) dalam kewajiban. Pengaruh transaksi terhadap akun-akun ini adalah bila terjadi peningkatan (+) akun-akun kewajiban maka akun ini akan dikredit, sebaliknya bila terjadi penurunan (-)  akun-akun kewajiban ini, akun ini akan didebit. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa sisi kanan (kredit) akun kewajiban digunakan untuk mencatat peningkatan dan sisi kiri (debit) akun kewajiban digunakan untuk mencatat penurunan nilai kewajiban.

3. Akun-akun Ekuitas (Equity Accounts)  Akun-akun ekuitas adalah akun yang digunakan untuk mencatat semua transaski yang mempengaruhi perubahan (peningkatan atau penurunan) dalam ekuitas. Pengaruh transaksi terhadap akun-akun modal ini adalah jika terjadi peningkatan (+) modal sebagai akibat suatu transaski, maka akun ini akan dikredit. Sedangkan jika terjadi penurunan (-) akun modal, maka akun ini akan didebit. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa sisi kanan (kredit) akun modal digunakan untuk mencatat peningkatan dan sisi kiri (debit) akun modal digunakan untuk mencatat penurunan nilai modal.


Akun-akun modal bisa dijabarkan menjadi 4 jenis akun yang meliputi:
a. Akun modal pemilik (Owner’s Equity Account)
b. Akun penarikan modal pemilik (Owner’s Withdrawals)
c. Akun pendapatan (Revenue Account) 
d. Akun beban (Expense Account).

Akun modal pemilik adalah akun yang digunakan untuk mencatat akun investasi atau transaksi pemilik pada perusahaan. Transaksi ini meliputi penyetoran investasi oleh pemilik sebagai modal awal bagi perusahaan dan penarikan modal pemilik (pengambilan modal perusahaan) oleh pemilik untuk keperluan pribadi pemilik. Bila pemilik menyetorkan kekayaannnya pada perusahaan sebagai modal awal maka transaksi ini akan dicatat di sebelah kredit.  Sedangkan akun penarikan modal pemilik, merupakan akun yang digunakan untuk mencatat transaksi  penarikan modal untuk keperluan pribadi dan bukan keperluan perusahaan. Transaksi akun jenis ini dicatat sebelah debit. Akun pendapatan dan akun beban disebut juga sebagai akun laporan laba rugi atau akun nominal. Akun pendapatan merupakan akun yang digunakan unuk mencatat transaksi yang menghasilkan pendapatan atau penghasilan. Transaksi ini akan dicatat sebelah kredit. Dan akun beban merupakan akun yang digunakan untuk mencatat transaski yang berhubungan dengan beban dan dicatat sebelah debit.  Aturan umum untuk pendebitan dan pengkreditan akun pendapatan dan beban ditunjukkan dalam ilustrasi 3.8. Aturan pendebitan dan pengkreditan untuk akun riil dapat juga dinyatakan dalam hubungannya dengan neraca (ilustrasi 3.11) dan persamaan dasar akuntansi (ilustrasi 3.12) dalam bentuk akun. Sedangkan aturan pendebitan dan pengkreditan akun nominal dapat dinyatakan dalam hubungannya dengan akun ekuitas.

Ilustrasi 3.10: Aturan Pendebitan dan Pengkreditan Akun Pendapatan dan Beban

Sisi kiri (debit) akun beban digunakan untuk mencatat kenaikan beban dan sisi kanan (kredit) akun beban akan digunakan untuk mencatat penurunan nilai beban. Sedangkan sisi kanan (kredit) akun pendapatan akan digunakan untuk mencatat penambahan pendapatan dan sisi kiri (debit) akun pendapatan akan digunakan untuk mencatat penurunan nilai pendapatan. Aturan pendebitan dan pengkreditan untuk akun-akun pendapatan dan beban, didasarkan pada hubungan antara akun-akun tersebut terhadap ekuitas. Laba bersih atau rugi bersih dalam suatu periode seperti yang nampak dalam laporan laba rugi merupakan penambahan atau pengurangan bersih atas ekuitas. Aturan pendebitan dan pengkreditan untuk akun pendapatan dan beban jika dihubungkan dengan akun ekuitas akan nampak sebagaimana dalam ilustrasi 3.13.






Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment