-->

Bentuk-bentuk Akun

Dalam praktik dikenal berbagai macam bentuk akun, namun bentuk yang paling banyak digunakan dan paling sederhana adalah bentuk akun huruf T. Akun ini terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu judul atau nama akun dan 2 (dua) sisi, yaitu sisi kiri yang disebut sisi debit dan sisi kanan yang disebut sisi kredit. Kedua ruang (sisi) ini untuk mencatat peningkatan jumlah pos atau item yang bersangkutan serta untuk mencatat penurunan jumlah pos bersangkutan. Ilustrasi 3.3 menunjukkan bentuk akun dengan huruf T secara sederhana

Nilai transaksi yang dicatat di sisi kiri sebuah akun, tanpa melihat nama akunnya, disebut mendebit akun, sedangkan apabila nilai transaksi dicatat di sebelah kanan disebut mengkredit akun.


Secara lebih lengkap bentuk akun T dapat ditunjukkan pada ilustrasi 3.4.


Ilustrasi 3.4: Bentuk Akun Huruf T yang Lengkap
Nama akun diletakkan di atas dan dituliskan di tengah-tengah. Kolom tanggal digunakan untuk mencatat tanggal transaksi terjadi, sedangkan kolom keterangan digunakan untuk mencatat keterangan yang berhubungan dengan transaksi yang dicatat. Penggunaan kolom F, berkaitan dengan penggunaan buku jurnal, diisi dengan halaman jurnal, pada saat melakukan posting ke buku besar atas pencatatan transaksi di buku jurnal. Dengan kata lain, kolom F diisi untuk melakukan cek silang dengan halaman buku jurnal untuk melihat keabsahan pencatatan suatu transaksi atau terjadinya suatu akun.

Ilustrasi 3.5 adalah contoh akun kas yang digunakan oleh perusahaan Widya Jasa Karya untuk mencatat transaksi yang berkaitan dengan kas pada bulan Oktober 2006.




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment