-->

Memasukkan Saldo awal Supplier pada MYOB Accounting Plus V18

Selanjutnya anda akan memasukkan nilai saldo awal masing-masing suppier. Caranya
1. Klik menu Setup kembali, pilih Balances lalu klik Supplier Balances
2. Klik tombol Add Purchase untuk melanjutkan ke pengisian Historical Purchase.
3. Pada kolom isian supplier name, klik tanda panah lalu pilih Nusantara Motor, klik Use Supplier.
4. MYOB akan memberikan ucapan selamat, karena nilai saldo awal supplier yang anda masukkan sama dengan nilai saldo awal hutang yang telah anda masukkan pada Account Opening Balances. Klik OK
5. Ketika tampilan kotak konfirmasi MYOB, klik OK, hasil pengisian saldo awal supplier tersebut akan tampil di dalam kolom Amount Due.
6. Klik Close untuk menutup jendela Supplier Balances
7. Setelah semua data awal anda masukkan ke dalam MYOB, maka anda sudah siap menggunakan MYOB untu mencatat transaksi keuangan anda. Tetapi sebelumnya, anda akan melakukan rekonsiliasi terlebih dahulu terhadap data-data tersebut. Rekonsiliasi ini bertujuan ini : Memastikan bahwa saldo hutang, piutang, persediaan yang ada di dalam neraca sudah sama dengan saldo kartu hutang, kartu piutang dan kartu persediaan. Selain itu rekonsiliasi ini juga bertujuan untuk memeriksa apakah ada kesalahan lainnya pada tahap pembuatan data baru.
8. Caranya, dari jendela Command Centre pilih modul Accounts lalu klik Company Data Auditor.
9. Tampilan Company File Overview yang berisi data perusahaan dan versi MYOB yang digunakan
10.Klik tombol Next untuk menampilkan jendela Account Reconciliation Review. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap Transaction Review.
11. Pada kolom Start Date isi tanggal awal periode akuntansi, misalnya 01/01/2008. Pada kolom End Date isi tanggal akhir periode, misalnya 31/01/2008. Setelah itu klik tombol Run Review. 12.Perhatikan pada semua baris keterangan Review Will. Jika semua kelompok telah diberi tanda centang berarti tidak terdapat kesalahan dalam pengisian data. Sebaliknya jika ada kesalahan pada baris tertentu maka akan diberi tanda Tanya (?)
13.Klik Next untuk melanjutkan ke tahap review terhadap kode pajak yang digunakan.
14.Langsung saja klik tombol Run Review, karena pengaturan tanggalnya masih sama seperti tahap sebelumnya
15.Klik finish. Jika tampilan konfirmasi MYOB yang menanyakan apaka anda ingin mencetak laporan tersebut. Klik Yes jika anda ingin mencetak laporan dan No jika tidak. Untuk itu anda klik No.
16.Anda akan dibawa kembali ke jendela Command Centre. Sekarang anda sudah siap untuk menggunakan MYOB Accounting.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment