-->

Mencatat Saldo Awal akun pada MYOB Accounting Plus V18

Untuk mencatat saldo awal akun kedalam MYOB Accounting, ikuti langkah berkut
1. Pastikan jendela Commad Center Anda masih dalam keadaan aktif. Klik menu Setup>Balances>Account Opening Balances
2. Kotak dialog Account Opening Balances ditampilkan. Masukkan semua nilai akun kedalam kotak Opening Balance
3. Misalnya anda masukkan saldo awal kas, Ketik  15950000 lalu tekan Enter. Kas Kecil : 685000 tekan Enter dan seterusnya. Untuk nilai akun akumulasi penyusutan, tambahkan tanda min (-) diawal penulisan Misalkan akun akumulasi penyusutan peralatan, ketik : -325000.
4. Masukkan semua nilai saldo awal akun, setelah selesai hasilnya pada baris Amount left to be allocated, harus terisi dengan angka 0. Jika tidak, berarti saldo neraca tidak seimbang. Lakukan perbaikan sebelum melanjutkan pekerjaan anda. Setelah selesai klik OK
5. Cara lain untuk mengetahui apakah saldo awal neraca seimbang atau tidak, adalah dengan melihat nilai pada akun : 3-009 Selisih pembukuan. Karena akun tersebut adalah akun yang menampung selisih antara saldo aktiva dengan passive.
6. Pilih modul Accounts lalu Klik Acounts List. Pilih tab Equity, jika nilai akun selisih pembukuan menunjukkan angka 0 berarti saldo neraca seimbang. Dan tidak terdapat kesalahan pada pengisian akun aktiva dan passiva.
7. Klik tombol Close untuk menutup jendela Accounts List




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment