-->

RECORD JOURNAL ENTRY

Transaksi-transaksi secara kronologis dicatat ke dalam sebuah catatan Pencatatan ini disebut Jurnal. Untuk membantu mengorganisasi catatan-catatan transaksi atau jurnal ini. MYOB Accounting mengelompokkannya dalam 6 kelompok jurnal, yaitu : General (Jurnal Umum), Disbursements (Jurnal Pengeluaran Kas), Receipts (Jurnal Penerimaan Kas), Sales (Jurnal Penjualan), Purchases (Jurnal Pembelian) dan Inventory (Jurnal Persediaan). Transaksi yang dicatat melalui Record Journal Entry antara lain :

  1. Transfer uang : antar bank, bank ke kas, kas ke bank, dan pengisian dana kas kecil. 
  2. Piutang selain piutang dagang karena penjualan barang/jasa sebagai kegiatan utama perusahaan. Hutang selain hutang dagang karena pembelian barang sebagai kegiatan utama perusahaan. Pembelian Harta tetap, secara tunai maupun kredit. 
  3. Penjualan Harta tetap, secara tunai maupun kredit. 
  4. Pencatatan modal, prive, deviden dan yang terkait dengan modal. 
  5. Pendapatan selain kegiatan utama perusahaan, misal pendapatan bunga bank, sewa ruang. Pembayaran biaya produksi, administrasi dan umum termasuk pembayaran pajak. 
  6. Biaya-biaya lain seperti bunga bank, pajak atas bunga bank, dan denda. 
  7.  Jurnal penyesuaian yang dilakukan setiap akhir periode akuntansi.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment