-->

Peranan Protozoa dalam kehidupan manusia

a. Peran yang menguntungkan Protozoa yang hidup di air tawar dan air laut merupakan zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bagi hewan air termasuk udang, ikan, kepiting yang secara ekonomis bermanfaat bagi manusia. Peran protozoa lainnya adalah dalam mengontrol jumlah bakteri di alam karena protozoa merupakan pemangsa bakteri. Foraminifera, kerangkanya yang telah kosong mengendap di dasar laut membentuk tanah globigerina globigerina globigerina globigerina globigerina, yang berguna sebagai petunjuk adanya minyak bumi. Radiolaria, kerangkanya jika mengendap di dasar laut menjadi tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.

b. Peran yang merugikan Protozoa dapat ditemukan di mana-mana karena termasuk organisme kosmopolit. Oleh karena itu, beberapa jenis protozoa dapat mengancam kesehatan manusia karena dapat menyebabkan penyakit. Protozoa yang merugikan manusia sebagai penyebab penyakit antara lain:
• Toxoplasma gondii ,  penyebab toksoplasmosis;
• Plasmodium sp , penyebab penyakit malaria
• Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodosiense , penyebab penyakit tidur;
• Leishmania sp ,  penyebab penyakit kalaazar;
• Trichomonas vaginalis ,  penyebab penyakit pada alat kelamin wanita;
• Entamoeba histolytica , penyebab penyakit disentri.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Our Akuntansi


0 komentar:

Post a Comment